Juni 20, 2023

Do Something Indonesia Hadir di Kota Padang!

 

Hello Muggles! Beberapa waktu yang lalu, Kota Padang, Sumatera Barat, kedatangan Do Something Indonesia, sebuah organisasi nirlaba yang mendukung anak-anak muda Indonesia dalam melakukan berbagai perubahan dalam bentuk aksi nyata seperti mewadahi ratusan ide-ide baru, memberikan literasi, menstimulus lahirnya kreatifitas dan pengembangan diri, membersamai pergerakan di dunia digital, dan sebagainya. Keren banget ya!

Saat berkegiatan di Padang, Do Something Indonesia menggandeng UKPM PENA FKM UNAND, salah satu unit kegiatan mahasiswa yang menjadi fasilitator mahasiswa untuk berkarya dalam dunia tulis-menulis. Di laksanakan di ruang smeinar gedung I UNAND, acara ini berlangsung dari siang hingga sore hari.

Acara ini berlangsung meriah dan sukses besar. Dimulai dengan agenda pembukaan, lalu dilanjutkan dengan Talk Show dalam topik "Anak Muda Cakap Digital", menghadirkan pemateri DSI Specialist, Neneng Julia Rizky, Standup Comedian Padang sekaligus Influencer Social Media Wahyooou, dan Blogger kesayangan Kota Padang, Aul Howler. Pemabahasan mengkaji isu-isu terkini di media sosial saat semakin banyaknya hoaks yang beredar, bagaimana anak muda seharusnya mampu menggunakan media dengan bijaksana, serta apa saja yang harus dilakukan agar tidak terkena pengaruh negatif. Setelah itu, peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi / tanya-jawab dengan para pemateri agar lebih memahami apa yang telah disampaikan.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) dimana peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian bersama-sama mendiskusikan rencana dan ide-ide kreatifnya untuk mengatasi permasalahan terkini seperti mental health, kesehatan lingkungan, dan sebagainya. Acara ini kemudian diakhiri dengan Campaign Competition dimana setiap kelompok peserta diminta satu-persatu mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya ke depan untuk dinilai juri dan hadirin. Presentasi setiap kelompok ini disambut dengan antusias oleh para peserta lainnya. Kemudian, hadiah diberikan kepada kelompok-kelompok sebagai pemenang terbaik dan pemenang favorit.

After the event. Thanks for having mee!

Do Something Indonesia, dengan motto nya "Inspiring and emporing youths of Indonesia to #DoSomething" mengadakan kegiatan ini dalam suatu rangkaian agenda. Kota Padang sendiri merupakan kota kedua di Pulau Sumatera yang dikunjungi. Kedepannya, Do Something Indonesia berencana akan melanjutkan kegiatan serupa di kota-kota besar lainnya.

Hopefully, Do Something Indonesia segera hadir di Kota kamu juga ya!

22 komentar:

  1. wahhh terbaiklah๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘ bukan mudah nak buat sharing seperti ni ๐Ÿ’ช๐Ÿ‘

    BalasHapus
  2. wah banyak event yang melibatkan beberapa tokoh anak muda dan pegiat sosial media ya supaya terhindar dari hoaks, juga materi lingkungan yang agak berat serta kesehatan mental. Semoga acaranya sukses ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  3. Kayaknya yang blogger Padang di posternya saya kenal. Good event, Om Aul... Lanjutkan ke kota lain

    BalasHapus
  4. Banyak juga ya blogger Padang, tapi aku kenal nya hanya bang Aul.๐Ÿ˜€

    Sebuah event yang bermanfaat bang, apalagi jelang pemilu 2024 biasanya banyak hoaks bertebaran di internet. Harus ada yang menjelaskan

    BalasHapus
  5. hebat.. daerah saya ga pernah mengakui saya sebagai blogger :(

    BalasHapus
  6. Hey Youth, let's Do Something!
    Blogger Padang kesayangan emang paling cool!
    Way to go!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe menjiwai sekali kakaa

      Ah bisa aja ni hahaha

      Hapus
  7. Wahh seru yaa acaranya bg aul.. Apalagi mengangkat tema isu2 digital yg happening saat ini.

    Semoga Do Something Indonesia bisa mengadakan event seperti ini ke seluruh Indonesia yaa, biar Indonesia bisa bebas isu digital seperti hoax dsb..

    Ohya, see you on saturday bg Aul! Yeyy

    BalasHapus
  8. mantap bisa ngisi,
    skrg sudah dikenal dengan nama blogger padang nih...andalan

    BalasHapus
  9. Keren, mantap, dan bermanfaat buat anak muda seperti blogger Padang top nan ganteng. He he ....

    BalasHapus
  10. Ini acara yang sangat menarik. Mengajak anak muda untuk berdiskusi dan memberikan ide-ide kreatif terhadap segala permasalahan yang ada di masyarakat, khususnya yang berhubungan dengan anak muda.

    anak muda memang perlu dirangkul untuk menyelesaikan permasalahan sosial yang ada di masyarakat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Mas.

      Kalau ngga di edukasi dan dilatih, maka takutnya nanti bisa salah arah dan salah langkah kan ya

      Hapus
  11. Baguuuus nih acaranya mas ๐Ÿ‘. Baru tau ada organisasi nirlaba yang fokus kepada anak muda begini. Jadi bisa mewadahi dan memfasilitasi ide2 dari para anak muda skr.

    Biar gimana generasi itu juga yg nantinya akan meneruskan segala apa yg ada di negara ini.

    Perlu sih diperbanyak kegiatan begini dan semoga semakin banyak hadir di berbagai kota ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Mbak

      Betulm aku juga salut sih dengan DSI inii!

      Hapus

Thanks for dropping by!
Leave some comments here if you want. Use your gmail or blogger or google account to comment. If you do not have one, choose Name/URL.

For private comments or questions just send me email to Aulhowler@yahoo.com

Thank you :)