Januari 22, 2020

First Individual Interview on The City Radio! (RRI Pro 2 Padang)


Hello Muggles! Buat teman-teman yang follow saya di instagram (@Aulhowler) mungkin udah tau ya, kalau beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan kesempatan untuk ngobrol-ngobrol live di salah satu radio yang ada di kota Padang, tepatnya di Radio Republik Indonesia (RRI) saluran Pro 2 FM 90,8 Hz. Serunya, saya diundang sebagai seorang blogger, sehingga selama 60 menit di radio ngobrolnya full seputar blogging dan keseharian saya sebagai blogger di kota Padang. Amazing banget lah pokoknya hahahaha. Dulu juga pernah sih, diwawancarai oleh radio, tapi rame-rame. Jadi sensasinya rada-rada beda gitu deh, pemirsa. Muehuehuehue. Yuk simak interview selengkapnya! ^^



RRI Padang

Ruang tunggunya

Di RRI ini ada 4 saluran radio
Pro 2 itu khusus anak muda dan hiburan musik-musik gitu~
Sisanya ada saluran berita, religi, dan lain-lain

Interviewnya di studio ini nih

Rekap Hasil Interview

Q : Halo, Kak Aul. Nama aslinya nya emang Aul Howler ya?
A : Bukan sih. Aul emang bagian dari nama lahir saya, sedangkan Howler itu ditambahin sebagai bagian dari nama pena / screen ID / nama beken gitu, untuk keperluan branding. Jadi lebih mudah dikenali, karena cuma ada satu nama itu di dunia hehe.

Q : Apakah sudah lama ngeblog?
A : Lumayan lama. Dulu awalnya mulai ngeblog tahun 2008. Sampai sekarang.

Q : Gimana awalnya mulai ngeblog?
A : Awalnya saya nggak tau apa-apa soal blog. Saat awal-awal kenal internet, cuma ngerti friendster dan chatting. Kemudian suatu hari teman saya bawa buku Kambing Jantan-nya Raditya Dika. Terus saya baca-baca. Dari situ tau kalau di internet juga ada platform yang namanya blog, dan fungsinya mirip seperti friendster karena bisa untuk menjadi tempat publikasi hasil design gambar, tulisan, bisa komen-komenan juga, dll. Lalu akhirnya jalan dua-duanya sampai masa friendster berakhir dan akhirnya terus melanjutkan blognya aja.

Q : Kenapa sih tertarik ngeblog?
A : Karena passion. Saya suka banget nulis, gambar, foto-foto. Bercerita. Sharing. Setiap ngeblog itu hati saya jadi senang. Terutama setelah berhasil nge-post atau ketika dapet berbagai komentar di postingan itu. Dan awalnya sama sekali nggak kepikiran untuk jadi blogger profesional atau keuntungan atau popularitas. Murni cuma ingin punya media sendiri, yang bisa jadi tempat sharing (diary), tempat pulikasi karya (cerpen, cerbung, puisi, gambar, resensi), dan lain-lain. Nggak nyangka juga bisa jadi sebesar dan sejauh sekarang ini.

Q : Berarti sekarang blognya sudah berkembang ya?
A : Berkembang banget. Alhamdulilllah.

Q : Apa aja sih enaknya ngeblog?
A : Banyak banget. Yang pertama, untuk memberikan kesenangan bagi para personal blogger, terutama yang hobi. Yang kedua, jadi bisa punya media berkarya dan media pamer karya kepada orang-orang di seluruh dunia. Lalu jadi banyak teman baru yang kenal dalam proses blogwalking dan komen-komenan. Lalu bisa dikenal orang banyak juga dari blog. Dan kalau beruntung, bisa dapet jajan juga, bahkan banyak juga yang menjadikannya mata pencaharian utama. Didaerah lain, malah ngeblog bisa memberikan banyak bloggernya kesempatan untuk pergi kemana-mana gratis, atau dapat barang-barang mahal secara gratis juga.

Q : Apakah Kak Aul sudah merasakannya sendiri?
A : Belum semua sih. Tapi sebagian besar udah.

Q : Bukannya sekarang youtube lebih menghasilkan uang?
A : Benar, buat yang subscriber nya sudah lewat 1000 dan total viewnya sudah lewat 10.000. Buat yang belum mah, masih jungkir balik ngerjain konten-kontennya dengan susah payah. Jadi, relatif juga. Nggak semua youtuber juga bisa punya penghasilan dari youtube. Pun nggak semua blogger juga bisa punya penghasilan dari blog.

Q : Tapi kan trend nya youtube ya? Bisa diceritakan kondisi terkini blogger ditengah arus trend vlogger?
A : Iya, sekarang memang kebanyakan orang cenderung menggunakan youtube. Dari sisi creator, karena di youtube nilai adsense nya lebih tinggi, dan uangnya juga mengalir lebih banyak dibandingkan adsense di blog. Makanya akhirnya hampir semua blogger guru atau top blogger di zaman jaya dulu pada pindah hakuan dan menjadi vlogger. Tapi, justru hal itu pula yang membuat para blogger makin semangat ngeblog. Karna top blogger udah nggak bayak lagi, jadinya blogger-blogger biasa juga sekarang sudah banyak dapat job lewat blog nya dan menghasilkan uamg juga, walaupun  bukan lewat adswnse, melainkan dari pihak ketiga. Sedangkan dari sisi penikmat, sekarang memang orang lebih cenderung menonton daripada membaca. Karena lebih praktis, nggak lerlu mikir, lebih cepat, dan lain-lain, diduking dengan makin canggihnya teknologi smartphone. Tapi ya, blogger tetap eksis kok. Walaupun tak se booming dulu.

Q : Kalau di Padang sendiri bagaimana kondisi para bloggernya?
A : Dulu sih ada komunitas blogger resmi yang aktif banget bikin kegiatan. Lalu, seiring berjalannya waktu, satu persatu anggotanya pun mulai tidak ngeblog lagi karena sudah berkeluarga, atau karna sudah bekerja. Lalu blogger yang masih aktif ngeblog akhirnya jalan sendiri-sendiri, walau sering juga ketemu di kopi darat tidak resmi, maupun berjumpa di berbagai proyek job blogger. Bahkan, sekarang juga sudah merambah ke bisnis digital marketing bersama para indluencer instagram dan twitter juga.

Q : Gimana sih kak tipsnya biar blog bisa tetap bagus dan bloggernya tetap konsisten?
A : Intinya sih di niat dan konten. Bloggernya buat konten karena passion nggak? Kalau iya, maka nggak akan muncul deh keinginan untuk berhenti. Karena dilakukan dengan senang hati. Beda cerita kalau tujuannya untuk uang doang. Kalau murni ngeblog demi cari uang, nanti juga nggak berapa bakal bosan dan jenuh sendiri. Nah, blogger yang ngeblog karena passion juga akan lebih konsisten dalam menghasilkan konten. Akan jarang banget jenuh dan bosan. Nanti lama-lama akan keliatan sendiri mana yang blogger beneran, mana yang blogger ikut-ikutan, atau blogger sekedar punya akun, atau yang lain-lain.

47 komentar:

  1. Greetings from Turkey πŸ™‹

    BalasHapus
  2. Wwuuiihh keren ngobrol2 seputar blog secara online di Radio RRI padang.πŸ˜„πŸ˜„

    Dan menariknya lagi Studio RRI Padang lebih Mecing abiss ketimbang RRI Jakarta.

    Tata ruangnya menarik dan bikin betah pengunjung.πŸ˜„πŸ˜„

    BalasHapus
  3. wiiidiiih keren bang aul, bisa diundang ke acara Interview, makin famous aja donk ya, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, nggak juga hehehehehhehehehehe


      HEHEHEHEHEHHEHEHEHEHE

      Hapus
  4. ini merupakan pencapaian yang bagus dan saya tumpang gembira

    BalasHapus
  5. Kalau ngga salah inget nama Aul kan Aulia ya ngga sih
    hahaha saking bekennya sama Aul aja jadi lupa nama lengkap Aul LOL
    yang jelas keren euy diinterviu radio, apakah ini pertanda Aul sudah jadi tetua blogger Padang?

    BalasHapus
  6. wah mantap diundang, pasti bakal banyak yang penasaran mampir ke blog nih,ehe

    BalasHapus
  7. Subhanalloh, saya takjub dengan kak Aul. Semoga saya segera bisa menyusul kak Aul.

    Aminnn...


    #apaansihini

    BalasHapus
  8. keren sekale, bang. cuma pas singgung youtuber aku jadi ikut perih...:(

    BalasHapus
  9. wah asik nih bsa diundang langsung ke radio. mantul bang!

    BalasHapus
  10. Nulisnya buru-buru ya. Banyak typo hihihi. Btw congrats. Moga Aul tetep ngeblog ya.

    BalasHapus
  11. Gila sihhh hebat banget, bisa konsisten bertahun-tahun hingga sekarang menjadi blogger sepuh hahaha. Sangat menginspirasi. Semoga tetap diberi kesehatan dan sukses selalu bang!

    BalasHapus
  12. Mantap bang Aul. Congratulations. Semoga tetap Berjaya.

    BalasHapus
  13. Wow keren juga diwawancarai khusus masalah blog, itu tandanya kang Aul sudah diakui sebagai blogger besar.πŸ˜„πŸ˜„

    BalasHapus
  14. Kereeeennnn..
    btw, awal mula ngeblognya sama banget kayak saya, gara-gara buku kambing jantannya raditya dika dan darisitu mulai tertarik.

    yaampun jadi inget blogger- blogger mastah pada jamannya seperti radit, alit, benakribo dll..

    BalasHapus
  15. Wahhh bener banget sih, nulis di buku lalu bercerita dengan nulis di blog dan bercerita disana rasanya enak banget.. Plong gitulah, emang niat dari awal harus ditetepin biar nulis bisa tetap lanjut terus walaupun ada hambatan atau kendala diluar sana.. Ngeblog mang asik abis deh

    BalasHapus
  16. Keren nih interview-nya, bikin semangat nge-blog nih

    BalasHapus
  17. semoga blogger semakin diperhitungkan di Indonesia Bro selamat ya, jadi ingat dulu diwawancarai sama astro

    BalasHapus
  18. Wah hebat mas... semoga selalu berkah rejekinya

    BalasHapus
  19. Wuiih...selamat ya...
    Sudah jadi blogger Padang yang Kondang skrg.
    Keren banget ini, jadi lebih termotivasi untuk lebih berkembang lagi ya?

    BalasHapus
  20. wageslah keren banget bapak ini masuk radio
    keren..

    aku aja pernah sekali cuma buat nganterin undian bugkus kopi wkwkw

    tetap konsisten nulis siapa tahu tar masuk TV...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehhe makasih Pak Guru

      HAHAHA Greget ya

      Amiinnn

      Hapus
  21. sekali di udara tetap di udara, seperti slogan RRI kayaknya
    suatu kebanggan juga untuk bisa diundang interview sebagai narasumber seperti ini, bisa menyebarkan ilmu-ilmu baru ke temen2 pecinta radio

    BalasHapus

Thanks for dropping by!
Leave some comments here if you want. Use your gmail or blogger or google account to comment. If you do not have one, choose Name/URL.

For private comments or questions just send me email to Aulhowler@yahoo.com

Thank you :)