Februari 14, 2022

13 Years of Blogging : A Self Reflection

 

Hello Muggles! How are you? Astaga udah lama banget ya saya nggak ngeblog huhu. Sudah hampir 3 bulannnn. Itu juga 3 postingan terakhir belum sempet blogwalking back dan bales-balesin komentar. Mohon dimaafkan ya teman-temannnn. Kayaknya teman-teman udah hapal ya, kalau semua itu karena pekerjaan dunia nyata saya Ahahahahhahaha. terus yang juga menghabiskan waktu banget emang HP sih. Sejak fiturnya makin banyak dan makin canggih-canggih, saya udah hampir nggak pernah lagi  buka laptop. Which is biasanya kan ngeblog di laptop ya... Ngeblog di HP sebenarnya juga bisa sih, tapi nggak tau juga ya kalau jarinya nggak ngetik dan terbenam di keyboard gede gitu serasa ada yang kurang. Hahahhaha. So here I am, back to this blogosphere. Kali ini mau ala-ala Self reflection gitu lho postingannya, karena beberapa bulan lalu kebetulan anniversary blog ini yang ke-13 tahun :')

1. Kenapa Dulu Saya Ngeblog 

Well, Well, jadi inget dulu ternyata saya ngeblog beneran murni karena hobi menuliskan apa yang saya pikirkan. I love writing so much back then. Kalau diingat-ingat lagi, waktu 2007/2008 saat awal mula saya ngeblog dulu, ternyata memang saya menuliskan curhatan dan pengalaman karena nggak punya terlalu banyak temannya ya. Jadilah curhatnya ke dunia maya aja.

Saya juga sempat jadi korban bully-ing di sekolah, sehingga nggak berani juga lah cerita ke teman-teman lain di sekolah. Karena takut nanti ada yang cepu, terus bully nya makin parah deh. Saat itu, saya baru-baru pindah dari daerah ke Kota Padang, jadi teman sebaya di lingkungan rumah nggak ada sama sekali. 

Ada sih, anak-anak tetangga. Tapi masih pada kecil-kecil weeeeeee. Soalnya kompleks perumahan baru. Warganya hampir semua Pahmud (Papah Muda) dan Mahmud (Mamah Muda) wkwkwk. Cuma ada saya sendiri yang usia remaja tanggung menuju dewasa muda wkwkwkw. 

Jadilah, curhat ke blog jadi salah satu solusi yang saya pilih untuk menetralkan lagi mental saya. Because sharing is healing, dan karna teman belum banyak jadilah cuma bisa sharing ke internet. It works thouu... Kalau aja saya nggak menuliskan apa-apa, mungkin semua hanya akan saya pendam dalam hati. Numpuk. lalu nanti lama-lama stress-nya meledak terus depresi deh. 

Thanks to Puti, teman sekelas yang duduk di depan saya kala itu. Yang minjemin Buku Kambing Jantan raditya Dika, yang mana dari situ lho saya tau ada platform blog yang bisa jadi diary online gitu hehehe.

Annnddd that dumb guy is my biggest hero in the school era

Selain itu, saat usia sekolah saya suka banget nulis puisi... nulis cerpen.. nulis hal-hal random. Produktif banget berkarya. Aktif banget menyalurkan minat dan bakat kepenulisan. Waktu itu juga sempat bergabung di klub koran Sumatera Barat, barengan sesama penulis junior pelajar lainnya. Nah, disamping publish di koran, blog ini juga menjadi salah satu media yang bisa menampung dan mengarsipkan seluruh tulisan saya. Soalnya sering banget nulis di buku notes sekarang nggak tau deh di mana bekas-bekasnya hiksss.....

Juga karna dulu belum ada android kali ya, jadi masih senang berkarya tulisan-tulisan. Belum berkarya foto dan video. Lagipula waktu itu otak saya belum lemot karena kebanyakan nonton atau kelamaan nonton Reels dan Tiktok jadi pikirannya masih segerrrrrrr dan banyak banget hal di pikiran saya yang mau dituliskan wkwkwkwk.

2. Kenapa Belakangan Ini Saya Kurang Ngeblog

Seperti yang saya bilang pas menyapa di awal. Faktor utama sepertinya memang karna pekerjaan di dunia nyata sih. Sibuk banget sama kerjaan huhuhu. Jadi, kalau ada waktu senggang pastisaya  nyari hiburannya yang audio visual gitu, kayak youtube, atau game, atau reels instagram. Yang kontennya receh-receh. Yang tolol-tolol. Yang bikin ketawa dan seger lagi. 

Udah nggak kepikiran lagi nyari hiburan lewat blog-blog karena literally zaman sekarang blog-blog orang isinya berbau SEO, berbau adsense dan berbau postingan bayaran semua. Datar-datar. Hambar. Templated writing gitu kebanyakan... :'(((

Maaf guys, bukannya nge-judge. Tapi itu yang saya rasakan. Udah jarang banget nemu blog yang pas baca cerita pengalamannya itu saya ketawa. Atau jangan ketawa lah, yang bikin senyum kek. Yang bikin "Wahhh". Yang bikin "Waduhhhh". Yang bikin terhibur lah pokoknya. 

Sedangkan jiwa saya makin tuaaaaaaa, sudah selalu butuh hiburan yang beneran menghibur hahahaha. Jadilah saya banyak menghabiskan waktu free / waktu senggang itu di HP aja. Yang paling parah itu ya sekarang saya tiap hari berjam-jam main game online namanya Pokemon Unite. Semacam Moba gitu tapi skin nya Pokemon. Pada tau dong, sejak SD sampai sekarang selain maniak Harry Potter saya itu maniak Pokemonnn..

Sering menang tapi sering kalah juga hahaha
Main ini bisa sampai jam 3 dini hari bahkan sampai jam 6 pagi gak tidur wkwk

Itu dari eksternal nya sih ya. Kalau dari internal nya, nggak tau juga ya entah kenapa sejak makin famous (Anjriww kepedean banget hahaha) dan makin banyak pesanan konten berbayar yang masuk, saya jadi udah nggak bisa nulis yang terlalu tolol-tolol gitu. Sudah mesti jaga-jaga imej dan wibawa. Biar tetap terkesan elegan, mahal, berkelas. Padahal mah aslinya receh bangeeeettt... HAHAHAHA.

Dan sejujurnya itu mungkin salah satu hal berbahaya yang menghilangkan passion murni ngeblog sih. Jadi tidak genuine dan authentic lagi ngeblog beserta kontennya. Sebagai blogger saya sempet merasa gagal huhu....

Akibatnya ya gitu. Saya jadi nggak begitu enjoy lagi nge-blog nya. Nggak bisa merasakan "Fun" beneran lagi gitu lho setelah menulis postingan. Padahal mah kalau dulu-dulu mah ya, setiap mau pencet "Publish" setelah selesai nulis 1 postingan, saya deg-degan banget. Excited. Ngerasa seneeennnnggg. Ada nyetrum-nyetrum nya gitu wkwkwkw.

Yang juga sering terjadi adalah saya sering nggak mood nulis postingan. Kayak udah nggak jadi kebutuhan lagi gitu lho. Sedih banget kan :'( Soalnya sekarang ada IG story tempat share isi hati dan isi kepala. Lebih mudah. Lebih praktis. dan lebih engage karena dalam sekejap langsung dapet response belasan DM chat serta ratusan bahkan ribuan view. Kebutuhan untu sharing is healing nya jadi ada penyaluran gitu. 

Walaupun akhirnya saya sadar, itu keterbatasannya juga banyak ya... Jadi nggak bisa cerita panjang lebar kayak di sini.. Jadi nggak bisa "deep" gitu. Daaan tentu saja itu juga udah mulai dipikir-pikirin layak-tidaknya untuk di-share karena juga akan dibawa oleh mahasiswa saya, tante-tante, tetangga-tetangga, which is padahal niatnya kan biar dibaca teman-teman saya hahaha. Alamat jadi masalah baru deh.

Selain itu, di samping sibuk karna kerjaan, kurangnya waktu luang, godaan handphone, dan faktor internal lainnya, kayaknya juga saya jadi jarang banget ngeblog sekarang karena penyakit "Nanti aja lah" saya makin kronis ni. Menunda-nunda terus, dan ujung-ujungnya nggak jadi. Sering banget terjadi "ih posting ini seru kali ya. Nih kebetulan bisa foto yang banyak tinggal diceritain". Terus akhirnya lupa diri dan agama dan rencana, akhirnya bablassss, trus tau-tau udah besoknya dan besoknya dan besoknya dan gak jadi-jadi deh nge-post wkwkwkw. 

Waktu kecil benci sama dia dan omongannya. Sudah dewasa baru sadar kalau
ternyata dia itu karakter paling nyata dan paling relate dengan kehidupan nyata,
dalam semua episode serial kartun Spongebob Squarepants wkwkwkwkw

3. Kenapa Kedepannya Saya Pengen Ngeblog Lebih Aktif Lagi

Karena akhir-akhir ini saya kayak ngerasa menemukan kembali passion saya gitu lho. Setelah mencoba-coba banyak hal. It turns out that I do really love writing very much. Walapun tulisan saya ringan-ringan terus, dengan bahasa remeh-temeh. Nggak di indah-indahin, nggak di bagus-bagusin. Super Raw apa adanya sampai-sampai typo nya aja banyak wkwkkwk. 
 
Well, sejujurnya saya udah nyoba melakukan banyak hal belakangan ini. Saya nyoba-nyoba nge-vlog. Saya meng-cover-cover lagu. Saya aktif jadi food reviewer. Saya jadi gamer yang mainnya sampe nggak tidur hingga subuh. Saya jadi otaku yang nonton belasan episode anime setiap hari. Saya jalan-jalan. Saya benar-benar kembali nyobain semua dan tetap aja ternyata memang ada yang hilang : Saya udah nggak nulis-nulis lagi.

 
Well, kalau ngetik secara harafiah sih masih lah ya. Kan kerjaan setiap hari di perdosenan menuntut saya untuk ngetik macem-macem juga. Tapi beda lho, ini mkaksudnya menulis dari hati gitu. Bukan hal-hal ilmiah dan formal wkwkwkwk. Bercerita ke orang lain somehow menjadi healing juga, tapi beda aja gitu dengan bercerita melalui tulisan hehehe.
 
So yeas, I miss blogging so much.

Lalu, kayaknya kedepannya memang mesti disengajain / disediain waktu kosong khusus gitu untuk ngeblog. Maybe selasa dan kamis? Supaya nggak terlantar berbulan-bulan dan penuh debu kayak gini lagi nih blognya hehehe

Andd be waiting for the launch of my secret project SOON.
Insya Allah :')
 
I think that's all, everyone.
Terima kasih banyak buat teman-teman yang sellau setia datang dan ngomen-ngomen 3 bulan terakhir ini, walaupun saya vakum bangeeet. Thank thank thank you very much!

See you in the next post
!

21 komentar:

  1. Bapak, saya mau meet up dong tolong.. Kita kan janji mau acak-acak laman saya nih ya, jadi tulung lah tulung.. Saya kangen juga sama Bapak nih.. 😁😁

    BalasHapus
  2. Ditunggu rutinitas ngeblognya pulih kembali. He he .... Selamat malam, Mas.

    BalasHapus
  3. wkwkwkkw bener banget aul...kalau sekarang ini mau nulis yang kek dulu awal awal ngeblog ya rada inget rem. soalnya takut dicepuin trus dighibahin ama yang lain....wkwkwk....sama aja sebenernya..curcol di temen kacrut ama di dumay (blog) yang which is berpotensi ada yang ga suka trus ngebully hohoho. Jadilah poatingannya lempeng lempeng, ga berani yang terlalu pecicilan bahasanya kayak dulu banget pas awal ngeblog..wkwk. Tapi bener loh segala hal aku juga udah coba tekuni walaupun cuma jadi penonton...misal youtube, ig, cover cover lagu...akhirnya ya cuma bisa penikmat thok ga kayak aul yang ikut berkarya juga di dalamnya...balik balik lebih seneng ngeblog lagi dan ngeblog lagi wkwkkw. Ngeblog emang paling bisa bangkitin mood. Mungkin kalau di kanal lain cuma jadi penikmat sedang di blog aku bisa nulis walaupun tetep nulisku juga receh terus ga pernah berubah hahahahha...dan masalah hape cuma jadi hiburan sama bangat nih ul. wkwkkw...pasang surut semangat ngeblog itu ya sering juga menjangkitiku. Pengen merasakan rasa seneng tanpa takut ini itu ngeblogku huhuhu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. di mana mana ketemu mba nita deh

      Hapus
  4. Hahaha. Aul udah kebanyakan maen game juga lupa ngeblog ya. XD

    Tapi emang sejak ada fitur ig story jadi lebih aktif di ig. Padahal enakan curhat di blog, bebas mau cerita apa juga, mau curcol atau apapun nggak ada batasan jumlah katanya juga. Hehe

    Ditunggu postingan berikutnya, Aul~

    Review anime juga bolee~ haha

    BalasHapus
  5. Gapapa jarang nulis Bang Aul. Asal sekali nulis kek gini. Ngena!!

    BalasHapus
  6. Heheh, suatu saat kok saya malah inget ya udah ada waktu kosong depan komputer lagi, trus nulis apa iki wkwkkwkw.
    Lanjut aja lah lihat blognya temtn temen, itu udah puas, melihat karya seni liar biasa

    BalasHapus
  7. Aullll welcomeee backkk!!! *sini tak bantu bersih2 blognya yang udah ditinggal lama 3 bulan.. wkwkw 🀣🀣

    Btw 13 Tahunnn ya Aul..? Astagaaaahhh 😱😱😱 banyak amat itu tahunnya.. ternyata temen2 blog aku udah mastah semua yaaa... 🀩 tahunnya udah belasan.. Sughoiii...

    Kalau kesanku setelah berkecimpung di Blog.. satu sih... seruuu.. aku jadi bisa kenal banyak orang.. meskipunn misteri karena nggk pernah ketemu. Tapi seru aja gtu. Bisa baca2 tulisann ttg perjalanan mereka.. 😊 dpet rekomendasi bacaan.. dan bisa baca banyak sudut pandang dari orang2...

    Btw, makasih ya Aul udah nerima aku dengan sangat baik.. hehe πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  8. Wahh Aull akhirnya muncul lagi setelah sekian lamanya.

    Keren nih udah 13 tahun ngeblog, aku pertama kali kenal blog sekitar 2011 karena ada mata kuliah pemrograman web, jadi semua harus bikin blog, tapi aktif ngeblog baru sekitar 2017an hahaha.

    Semangat buat aktif ngeblog lagi Aul

    BalasHapus
  9. Wah bang Aul sudah lama ngeblog ya, sudah 13 tahun, berarti sekitar tahun 2008 ya, aku waktu itu belum ngeblog bahkan sepertinya tidak kenal blog.

    Baca ini jadi ingat awal ngeblog juga buat hobi menulis, apa yang ada dipikiran langsung tulis saja, tidak peduli ada yang komentar atau tidak, tidak peduli tulisannya bagus atau jelek, padahal emang jelek 🀣

    Sekarang blog memang kebanyakan untuk cari penghasilan, makanya harus SEO, memang menghilangkan keasyikan ngeblog tapi apa boleh buat.

    BalasHapus
  10. Hihi mantap, udah lama ga baca postingan yg kayak ginian. Sesama seangkatan ngeblog gara2 tahu ada platform ginian berkat Radit ini mah. Dulu tahu Aul gara2 Potterhead dan pas zaman SNSD masih jaya ya.

    Iya saya juga ngerasa ngeblog udah ga seasyik dulu, saya juga masih ngeblog motivasinya buat adsense2an itu haha. Emang makin tuwir kayaknya makin suka konten receh2 yg ada di medsos gitu ya.

    BalasHapus
  11. Welcome back again~ Wah keren banget 13 tahun ngeblog. Aku ngeblog masih di level super pemula, Sebenernya join dari 2009. Tapi... isinya curhatan anak SMA yang aduh malu aku bacanya lagi.

    Terus baru ngeblog lagi yang serius 2018. Dan baru aktif di tahun 2020 hahahaha. Dianggurin blog 2 tahun. Alaasannya, ya lebih ke males.

    Tapi, aku jadi terinspirasi nih buat blog bercerita, karena jujur aku ngikutin sedikit SEO untuk blog ku. Memang kesannya agak membosankan dan kurang menghibur ya. Tapi karena baca ini juga, aku jd terinspirasi pengen bikin blog khusus yang tanpa mikirin SEO bisa cerita secara bebas~ Nanti biar kita saling baca dan terhibur ya~

    BalasHapus
  12. welcome back kak, tetap semangat ya :D

    BalasHapus
  13. Lanjutkan bg.... semangat

    BalasHapus
  14. dih bulian emang bikin ksz
    aku juga dulu dibuli makanya suka nulis blog
    kambing jantan itu legend banget ya
    klo ga ada raditya dika kayaknya ngeblog bakal engga booming di sini
    sekarang emang banyak paid promote
    makanya cari tulisan receh susah banget
    tetep semangat ngeblognya...

    BalasHapus
  15. Semangat bang walau saya juga jarang ngepost (^^)

    BalasHapus
  16. Sama banget kayak aku yang sok sibuk dengan dunia nyata πŸ˜‚ semoga terealisasikan yaa aktif ngeblog nya, bapak dosen hehehe

    BalasHapus
  17. Mas Aul, akhirnyaaaaaaa balik jugaaaaaa πŸ’ƒπŸ˜„. Banyaaaak loh yg nungguin sebenernyaaaa. Aktif lagi dong mas 😁. GPP mau nulis berbayar kek, atau pribadi, pasti kami2 yg nungguin mah selalu baca πŸ˜„.

    Ihh sukaaa loh Ama yg cover lagu can't help falling in love 😍. Itu lagu fav ku jugaaa 😁. Ga pernah bosen di denger walo lagu jadul .. πŸ‘

    BalasHapus
  18. ya faham... semakin berusia semakin banyak commitment kita... btw, keep on blogging mas!

    BalasHapus
  19. Memang benar sih sekarang personal blog sudah sedikit...sejak banyak yang memilih monetisasi. Belum ditambah medsos. Tapi masih ada kok yang kontennya masih seperti dulu. Tinggal rajin cari dan koleksi hihihi...salam...πŸ˜„

    BalasHapus

Thanks for dropping by!
Leave some comments here if you want. Use your gmail or blogger or google account to comment. If you do not have one, choose Name/URL.

For private comments or questions just send me email to Aulhowler@yahoo.com

Thank you :)