Desember 12, 2019

Bisnis Ikan Mas, Bisnis yang Menjanjikan

Bisnis Ikan Mas, Bisnis yang Menjanjikan. Pada tahu dong ya, kalau Indonesia adalah negara tropis. Sehingga, berbagai jenis ikan bisa hidup dengan baik dan menjadi populer di negara kita ini. Salah satunya, ikan mas. Kelezatan makanan olahan dari ikan ini membuatnya menjadi menu favorit di mana-mana. Belum lagi kandungan proteinnya yang tinggi, membuat ikan ini menjadi sangat diminati berbagai kalangan. Bahkan, nggak hanya untuk dimakan, lho. Tapi juga untuk dijadikan peliharaan di akuarium atau kolam. Karena itulah, fakta ini sangat cocok nih untuk menjadi alasan memulai bisnis ikan mas saat ini.

Di Indonesia, ada banyak sekali jenis ikan yang bisa dibudidayakan. Salah satunya adalah ikan mas. Sumber protein hewani ini sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Hampir setiap kota di Indonesia memiliki menu dengan bahan dasar ikan mas.


Kebutuhan akan ikan mas yang tinggi tidak sebanding dengan pasokannya yang tersedia di pasaran saat ini. Jumlah pembudidaya ikan mas belum terlalu banyak. Sehingga, Bisnis Ikan Mas menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Buat teman-teman yang berniat untuk memiliki usaha sendiri, bidang ini sangat cocok nih untuk dijadikan salah satu pilihan. Berikut ini beberapa kelebihan berbisnis ikan mas yang bisa teman-teman pertimbangkan:

1. Mudah
Faktanya, budidaya ikan mas itu nggak sulit. Tahapan pengerjaannya sederhana banget, dan bisa dilakukan oleh siapa aja. Teman-teman nggak harus punya latarbelakang pendidikan khusus segala untuk bisnis yang satu ini. Baca artikel di google soal ikan-ikan doang juga bisa wkwk.

2. Murah
Modal yang dibutuhkan pun bisa dibilang kecil. Budidaya ikan mas bisa teman-teman lakukan sebagai bisnis rumahan. Usaha / budidaya ternak merupakan bisnis yang berkelanjutan. Setelah indukannya berkembang biak, kita bisa jual lagi induknya. Terus mengembang biakkan anak-anaknya. Cuma dengan membeli bibit ikan 1 kali, usaha teman-teman bisa berlangsung terus menerus. Asyik kan?

3. Nggak Perlu Ahli
Siapapun bisa menjalankan usaha ini, baik sebagai pekerjaan tetap, atau sebagai usaha sampingan. Caranya yang mudah dengan tahapan sederhana tidak akan banyak menguras waktu dan tenaga teman-teman dalam mengelolanya. Jika Bisnis Ikan Mas teman-teman berkembang, nanti jadi bisa menyediakan lahan pekerjaan buat orang lain. Bukan main, mulainya dari usaha kecil, tapi bisa memberikan kontribusi terhadap negara dalam permasalahan lapangan pekerjaan yang makin sulit saat ini.

4. Nggak Repot
  • Tahap awal tentu saja membuat kolam ikan. Jika teman-teman memiliki lahan yang memadai, bisa pakai itu. Kalau nggak punya, ya bisa menyewa lahan orang untuk digunakan membuat kolom ikan.  
  • Bibit ikan mas adalah hal kedua yang harus teman-teman siapkan. 
  • Selanjutnya harus mempersiapkan pompa air, karena sumber air yang bersih dan cukup harus selalu terjaga. Kalau bisa, pilihlah tempat yang memiliki sumber air baku jernih dan lancar. Lokasi budidaya dapat sekaligus menjadi tempat penjualan, lho. Walaupun  ikan mas tersebut juga bisa dijual langsung ke pasar, supermaket, restoran dan lain-lain.
  • Beberapa peralatan lain yang juga dibutuhkan dalam Bisnis Ikan ini misalnya jaring, timba, jerigen, timbangan, wadah terpal dan drum. Semua peralatan tambahan itu mudah didapat dan akan memaksimalkan usaha teman-teman.

5. Pemasaran Luas
Penjualan ikan mas juga nggak sulit, karena konsumen yang membutuhkan pasokan ikan mas itu ada banyaaak. Mulai dari skala kecil seperti rumah tangga, sampai skala besar seperti industri kuliner, mall, dan lain-lain. Jadi nggak perlu khawatir deh, bakal kehabisan konsumen untuk bisnis ini. Separah-parahnya bisa lah untuk konsumsi sekeluarga, sehingga kelebihan pengeluaran untuk belanja dapur bisa ditabung. Wkwkwk.

6. Menguntungkan
Saat ini, harga ikan mas per-kg antara Rp. 35.000 - 50.000. Jika kita memulai usaha ini dengan modal awal sekitar sekitar 7 juta rupiah, maka kira-kira dalam waktu 3 kali panen modal yang kita keluarkan sudah bisa balik. Keuntungan yang lumayan banget kan? wkwkwk.


Sama dengan bisnis-bisnis lainnya, bisnis ikan mas juga harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Usaha apapun akan membuahkan hasil jika ditekuni dengan sepenuh hati. Selamat mencoba ya guyssss. Untuk informasi selengkapnya, silahkan cari tahu di: https://www.cekaja.com/info/langkah-langkah-budidaya-ternak-ikan-mas-termudah-bagi-pemula/

32 komentar:

  1. Sampe sekarang cuma pernah melihara ikan gurame sih, dan hasilnya enak.
    Bisa puas makan gurame bakar. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pribadi sih cuma pelihara cupang. Papa ku yg pernah pelihara ikan mas ^^

      Hapus
  2. Weeei.. Review berkelas lagi Uda. Kereeen.. Pengen ah di review juga. 😊

    BalasHapus
  3. Ide usaha yang menarik sebenarnya. Sayangnya, di daerah saya, di Beber - Cirebon, susah air. Kecuali pas musim penghujan, baru banyak air. Jadi kayaknya rada ribet sama pasokan airnya. Kalau mau usaha ini harus diakali doengan milih kolam di Kuningan yang airnya melimpah musim kemarau atau musim hujan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atau bisa jg dengan membuat kolam berlapis terpal, mas.

      Jadi ketika hujan dan air melimpah. Airnya ditampung dulu. Lalu sehari2 kolamnya ditutup agar tidak cepat menguap ^^

      Hapus
  4. ga berani bisnis,, beraninya makan ><

    BalasHapus
  5. iya semenjak saya satu tahun di papua ini baru nyadar, kalau ikan mas ini pasarnya lebih luas dari ikan lele. karena orang luar jawa jarang juga makan lele.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas. Lele itu peminatnya hanya kalangan tertentu, sama kayak jengkol.

      Kalai gurame dan ikan mas lebih umun

      Hapus
  6. Saya pernah beberapa kali pelihara ikan mas tapi kok cepat mati ya, paling 3 hari aja. beda sama ikan cupang, bisa setahun baru mati.😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karna pelihara di akuarium?

      Ikan mas lebih cocok dipelihara di tempat yg lebih luas dan suasanya lebih alami kayak kolam atau tambak, mas

      Hapus
    2. Bukan di aquarium tapi di kolam buat mandi kang, apa karena terlalu kecil ya.

      Hapus
    3. Hihihihi mandi bareng ikan mas dong~

      Hapus
  7. Saya orangnya simple... lihat blog bahas wirausaha pasti saya follow...

    Btw, terkait bisnis agrikultura dan holtikultura orang Indonesia saya akui sangat hebat dalam produktivitas. Tapi dalam pemasaran??? Sebagian yang gagal karena tidak tahu harus menjual produknya kemana. Atau terlibas habis oleh tengkulak... salam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you.
      Segera difolbek kok tenang aja ^^

      Iya bener
      Byk produsen yg males nyari link. Akhirnya jual cepet aja kpd yg nawar ke rumah

      Hapus
  8. Sy krg suka ikan mas, durinya buanyak hihihi
    Kalau mancing saudara ikan mas, ikan tombro, baru suka

    BalasHapus
  9. Selain ikan bisa yg lain juga y (d cekaja.com)?

    BalasHapus
  10. Sudah dicoba bang. Tapi ambo selalu terkendala dengan pasarnya bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Butuh banyak link memang daaa
      Kalau lah banyak link, bahkan ndak perlu lai promo-promo

      Yg nio bali langsuang manjapuik ka tampek

      Hapus
    2. Iyo da. Tolong manolong kito soal link ko yo da haha

      Hapus
  11. di mana usaha di situ ada jalan... kalau kita bersungguh dengan apa yang kita minat pasti akan membuahkan hasil lumayan

    BalasHapus
  12. Bentar, ikan mas itu di makan kah? :D
    Kok kayaknya durinya (eh duri atau tulang ya, waktu kecil saya nyebutnya tulamg soalnya) banyak banget.

    Saya makan ikan mujair aja kadang bete ama tulangnya, sama kayak bandeng :D

    BalasHapus
  13. Wah, jadi inget ayah saya waktu punya kolam di depan rumah iseng ditaroin bibit ikan mujair + ikan mas, begitu panen bisa empat karungan. Sayangnya cuma buat hobi aja, bukan buat bisnis, ikannya juga dibagi-bagiin ke saudara sama tetangga rumah. Lucunya kalau ikannya dicampur terus anakannya lama-lama jadi makin imut ukurannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh, pasti menyenangkan banget ya mas :')

      Hapus

Thanks for dropping by!
Leave some comments here if you want. Use your gmail or blogger or google account to comment. If you do not have one, choose Name/URL.

For private comments or questions just send me email to Aulhowler@yahoo.com

Thank you :)