April 16, 2018

Maker Fest dan Tokopedia Mendorong Kreator Lokal Jadi Brand Nasional yang Mendunia


Dunia Creativepreneur saat ini sedang menjadi sorotan di mana-mana. Telah banyak kita dengar di Sosial Media beberapa kisah sukses dari para pengusaha muda yang menuai keberhasilan dari kerja keras untuk usaha yang dirintis dari nol. Mereka berhasil mendirikan dan mengembangkan berbagai usaha yang mungkin tidak akan dilakukan oleh orang lain. Namun, ternyata ada lebih banyak kreator yang tidak berhasil menjadi entrepreneur sukses dalam upaya mengembangkan ide dan rencana usahanya. Banyak yang menghadapi berbagai hambatan dan rintangan, lalu memutuskan untuk mundur dan berhenti mencoba. Sementara, bila saja berhasil terwujud dan berkembang, sebenarnya ide dan rencana tersebut bisa memiliki potensi yang sangat besar dan memberikan banyak manfaat, baik bagi kreatornya sendiri, orang-orang di sekeliling, maupun bagi perekonomian lokal bahkan nasional. Hal-hal ini akhirnya melatarbelakangi beberapa pihak untuk membuat sebuah gerakan yang bernama Maker Fest.

Mungkin teman-teman bertanya-tanya ya, apa sih Maker Fest?

Tentang Maker Fest
Maker Fest adalah sebuah sebuah gerakan independen yang memiliki tujuan untuk pemberdayaan kreator lokal; untuk mencari, mengedukasi, menginspirasi, dan memberikan wadah offline dan online bagi para kreator Indonesia untuk merealisasikan dan mengembangkan ide usaha kreatif mereka. Sehingga nantinya brand-brand lokal tersebut bisa menjadi brand kelas nasional yang mendunia. Dengan Maker Fest, diharapkan agar lebih banyak lagi bisnis kreatif lokal yang dapat berkembang menjadi IKM bahkan brand nasional, sehingga dapat mendukung Indonesia untuk jadi produsen di ekonomi digital global.

Terbentuknya Maker Fest
Maker Fest resmi diluncurkan pada 16 Maret 2018 lalu. Rangkaian acara Maker Fest terdiri dari berbagai workshop, sharing session dan aneka kompetisi, yang mana akan diselenggarakan di delapan kota selama 2018. Maker Fest hadir sebagai panggung penghubung dari para pemangku kepentingan terkait dimana para maker / kreator, platform marketplace, logistik, perbankan, investor, dan pemerintah berkolaborasi mewujudkan cita-cita besar ini bersama-sama. Selain menyediakan sarana pertemuan kreator lokal tanah air dengan berbagai pihak, Maker Fest juga membantu mengakselerasi bisnis para kreator melalui pengembangan keahlian dan pengetahuan.

Menurut Chairman Maker Fest 2018 (yang juga merupakan founder Tokopedia), Kelahiran Maker Fest terinspirasi oleh hasil karya para kreator lokal di seluruh Indonesia yang memiliki visi dan misi serta produk dengan kualitas bagus, yang sayangnya banyak hanya mentok di level UMKM. Padahal, sebenarnya dengan ekosistem yang tepat, para kreator lokal dapat berkembang dari usaha kecil menjadi industri, dan dari industri menjadi brand-brand masa depan Indonesia yang mendunia.

Yang Berkolaborasi Mendukung Maker Fest
Gerakan ini berkolaborasi dengan Tokopedia dan didukung oleh institusi-institusi pemerintahan sekaligus pelaku industri Indonesia, yaitu Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika serta JNE. Dengan pesatnya pertumbuhan e-commerce saat ini, perusahaan pengiriman ekspres dan logistik nasional seperti JNE juga turut mendukung kemajuan bisnis UKM, terutama dalam hal penjualan dan pengiriman.

Meski diselenggarakan bersama Tokopedia, namun Maker Fest inklusif dan terbuka bagi seluruh kreator lokal di Indonesia yang memiliki passion untuk mengembangkan diri dan produknya.

Sasaran Maker Fest
Anak muda menjadi target utama Maker Fest. Kepala Badan Ekonomi Kreatif menyebutkan bahwa lebih dari 30 persen pengusaha ekonomi kreatif di Indonesia adalah generasi milenial. Sebagai populasi terbesar, anak muda Indonesia masih memiliki potensi besar untuk turut mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia.

Pelaksanaan Maker Fest
Maker Fest 2018 akan dilaksanakan pada April-Desember 2018 di Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Makassar. Di tiap kota, akan diselenggarakan berbagai kegiatan edukasi, workshop dan sesi sharing keterampilan. Para kreator juga dapat berkonsultasi dengan pelaku usaha, konsultan bisnis serta pengusaha ekonomi kreatif skala nasional mengenai tantangan dan solusi yang dihadapi dalam mengembangkan bisnis mereka. Termasuk dalam hal pengembangan SDM, inovasi, strategi pemasaran, branding, hingga akses ke permodalan.


SIAP-SIAP
PADAAANG!!
 
Di setiap kota juga akan dilaksanakan Local Maker Competition 2018, kompetisi berkreasi untuk para kreator lokal yang ingin mengenalkan dan mengembangkan bisnisnya. Pemenang dari tiap kota akan diterbangkan ke Jakarta untuk mengikuti Festival Maker Fest 2018 di Jakarta pada bulan Desember mendatang. Dari 24 peserta skala nasional, 10 finalis terbaik akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan bisnisnya dan memberikan sesi workshop di depan para juri dan pengunjung Festival Maker Fest 2018.


Tiga juara terbaik Local Maker Competition 2018 akan mendapatkan reward masing-masing sebesar Rp 1 Milyar, Rp 300 juta, dan Rp 200 juta sebagai modal untuk mengembangkan usahanya. Selain itu, pemenang juga mendapatkan reward lainnya berupa konsultasi kreatif dan produksi untuk branding dan marketing campaign, kolaborasi eksklusif dengan pelaku industri kreatif nasional dan kesempatan berpartisipasi dalam pameran internasional, serta mengakses jalur distribusi ke ritel internasional.

Bagaimana?
Menarik banget kan?

Buat teman-teman semua khususnya calon kreator, atau calon bisnis-boy/bisnis-girl, atau calon pendiri brand, atau calon creativepreneur, bisa banget nih ikutan event ini. Yang bukan para calon juga bisa datang kok, karena acaranya terbuka untuk seluruh anak-anak muda yang tertarik. Lumayan kan, iseng-iseng berfaedah. Ada banyak hadiah pula!

Informasi selengkapnya bisa teman-teman lihat di http://www.makerfest.id

26 comments:

  1. Waah kegiatan yg sangat positif ya Uda
    bisa numbuhin pengusaha2 muda tentunya

    ReplyDelete
  2. Keren nih kegiatannya.
    Sangat positif dan bermanfaat banget buat pengusaha muda.

    ReplyDelete
  3. Aku setuju sih kalau 30% pengusaha jamn now ini generasi milenial yang di dagangkan juga kebanyakan sesuatu yang unik dan anti-mainstream. Semoga dengan adanya kegiatan ini, makin banyak pengusaha muda lainnya

    ReplyDelete
  4. Wih mantap nih, sayangnya gak boleh bisnis cabe-cabean sih ya *loh. Untung bogor deket sama jakarta dan kayanya menarik untuk diikuti.

    Bismillah.. masih bulan juli - desember.

    ReplyDelete
  5. Sangat menarik, jadi pengen ikutan. Jakartanya di daerah mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup

      Jakpus kayaknya. Search ada di website nya mas

      Delete
  6. Baru tau gua ada namanya make feat, dan kayaknya menarik, semenarik cewek gebetan gua ckck

    ReplyDelete
  7. Harus menjadi kreatif dulu nih kalo mau ikutan kompetisi ini. Semoga dengan event Maker fest ini bisa menjaring para anak muda yang kreatif dan juga memajukan kearifan lokal di daerahnya masing-masing ya.. Hadiahnya juga oke banget itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha nggak juga sih :)))

      Yess, banget

      Delete
  8. Ini sesuai sama yang dibilang pak presiden yang katanya mau menumbuhkan ekonomi kreatif lewat para entrepreneur muda. Keren!

    ReplyDelete
  9. Semoga saja saya bisa ikut nih. biar punya pengalaman. Bertemu dengan anak-anak muda yang sungguh kreatif.

    ReplyDelete
  10. Jakarta bulan Juli yah ... Siap siap nih :D

    ReplyDelete
  11. acara ini keren banget loh
    harus ke surabaya nih ato klo pas lagi jogja bisa liat

    ReplyDelete
  12. Mas Aul, barusan tak copy linknya tak forward ke temenku yg punya jualan makanan rumahan di toped. Hehe .. izinnya telat. Maapin yak.

    ReplyDelete
  13. baru tau nih kalo ada makerfest, senengnya lagi kalo pas bisa dateng dan ngeliat anak2 muda skrg yg bisa bisnis dari masih muda2 gini

    ReplyDelete

Thanks for dropping by!
Leave some comments here if you want. Use your gmail or blogger or google account to comment. If you do not have one, choose Name/URL.

For private comments or questions just send me email to Aulhowler@yahoo.com

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...