Februari 14, 2019

Era Blogger Sudah Berlalu? - Sebuah Klarifikasi dari Personal Blogger Abal-abal


Hello muggles!
Beberapa waktu yang lalu, di salah satu grup blogger yang saya ikuti di Telegram, beberapa anggota mengeluhkan tentang betapa susahnya untuk mendaftar ke Go**le Adsense sekarang. Beberapa lainnya menimpali dengan dukungan, beberapa merasa senasib, hingga akhirnya muncul lah statement bahwa era blogger sudah berlalu. Me like "WHAAAT? ARE YOU KIDDING?" Tapi kemudian sebagai salah satu blogger yang masih aktif membuat konten dan menghasilkan rezeki, saya merasa bertanggung jawab untuk memberikan klarifikasi. Untuk menjelaskan dunia per-blogging-an dari perspektif yang berbeda. And yeah, it would be cool if I post about here too. Karena di postingan saya yang sebelum-sebelumnya kebetulan juga ada yang nanya. So why not?

Sebelumnya, saya harus sebutkan dulu bahwa menurut saya, blogger itu emang terbagi dua sih. Satu blogger yang orientasi nya pada ngeblog sebagai hobi, sebagai sumber kesenangan, karena content creator dan sharing adalah passion yang menyenangkan, terlepas dari keragaman genre dan niche blog yang seperti apapun itu. Lalu kedua, ada blogger yang orientasi nya memang rupiah, sehingga sangat bergantung pada Search Engine Optimization (SEO)(Bener gak sih gitu tulisannya?) dan Go**le Adsense.

Nah, menurut saya, era blogger blogger jenis kedua ini nih yang sudah berlalu. Karena Adsense sekarang kayaknya emang bukan sumber rezeki yang nonjok lagi untuk kalangan blogger? Kenapa?
  • Iklan di Youtube kini menghasilkan exposure lebih (dengan sistem video iklan tayang paksa-nya yang baru bisa di-skip setelah 15 detik itu)
  • Youtube kini lebih banyak dibuka/dikunjungi daripada blog-blog, sehingga audience nya lebih tinggi
  • Banyak blogger profesional yang migrasi menjadi youtuber dan vlogger
  • Zaman sekarang mana ada sih, yang mau klik iklan (adsense atau bukan) di blog-blog? Jika mau cari barang atau jasa mereka tinggal search di instagram, dimana transaksinya jadi lebih mudah ketimbang klik iklan di blog lalu email-emailan dengan para admin.
  • Sehingga mungkin, peruntungan blogger dari adsense memang sudah sangat menyusut, sehingga lebih dari separuh blogger terutama pengguna Adsense berhenti mengurus blognya.

Lalu, apakah itu berarti era blogger telah berlalu?

Menurut saya, sebagai salah satu personal blogger yang biasa-biasa aja dan cenderung abal-abal (wkwkkw) sih TIDAK. Setidaknya itu yang saya rasakan setelah ngeblog dari 2008.

Mungkin, era blogger yang kaya oleh adsense memang sudah berlalu sih ya. Karena sekarang kayaknya adsense emang udah jadi ladang rezeki untuk youtuber terutama vlogger. Bagi blogger, kini untuk mendatangkan rupiah beberapa puluh ribu saja harus dengan mendatangkan puluhan ribu kunjungan dulu. Dan itu sangat sulit, sehingga akhirnya lebih banyak blogger ini yang memilih mundur atau beralih ladang.

Menurut saya, malahan saat ini para personal blogger terutama blogger jenis pertama tadi a.k.a personal blogger a.k.a blogger biasa yang hobi ngeblog dan berbagi lewat blog, ini lagi berada pada era kejayaannya. Jaya bangeet, hingga bahkan lebih dari separo udah pernah merasakannya. Kenapa?
  • Blogger kini telah sangat diakui keberadaannya di jagat internet, bila dibandingkan dengan dulu dimana mungkin blog hanya mainan para nerds dan introverts.
  • Blogger kini sudah dianggap pekerjaan yang termasuk dalam ranah jurnalistik layaknya jurnalis, reporter dan reviewer. Dan nama blogger pun kini telah terdaftar di KBBI sebagai Narablog.
  • Blogger (dan influencer) kini menjadi tokoh yang penting dalam dunia digital marketing dan digital promoting. Karena eksistensinya diakui, kontennya digemari, perkataan dan aktivitas nya diikuti. Sehingga saat ini banyak sekali blogger yang ditawari kerjasama promosi berbagai produk dan jasa oleh berbagai brand, label, website dan UKM.
  • Blogger kini lebih bermacam-macam jenis konten, genre dan niche nya. Kontennya pun lebih kreatif-kreatif. Saya inget banget dulu di awal-awal 2008 blogger indonesia kebanyakan hanya ngeblog dengan bahasa inggris (karena kiblat trend nya memang negara-negara barat), dan sebagian besar juga hanya share konten berupa tulisan (tanpa foto atau gambar karena saat itu HP kamera masih belum semurah sekarang). Tapi sekarang blogger dan konten-kontennya sudah sangat bervariasi seiring dengan semakin mudahnya akses terhadap smartphone dan semakin lengkapnya fitur yang dibutuhkan untuk blogging.
  • Menghilangnya para blogger seleb dari blogosphere Indonesia mengakibatkan semakin naiknya nama blogger-blogger biasa, berikut dengan semakin bertebarannya job / kerjasama pengiklanan yang ditawarkan pada blogger-blogger biasa. Baik review post, endorsement, sponsored post, article placement, link placement.
  • Itu belum termasuk puluhan lomba blog yang hadiahnya selalu bikin ngiler semacam laptop, handphone, kamera atau uang jutaan rupiah. Huwaaaa

Gausah ngebantah deh kalau soal yang ini, karena saya ngalamin sendiri wkwkwk.
Saya ini blogger biasa lho guyssss, tapi sekarang lumayan sering dapet orderan artikel (baik di blog ini maupun di situs partner yang ngorder), request endorsement, undangan liputan, undangan makan gratis untuk review, dan lain-lain.

Dan nggak saya doang lhooo, mengingat ada banyak banget blog yang saya tau yang juga banjir tawaran kerjasama karena postingannya banyak yang sifatnya promotif untuk brand-brand tertentu. Alhamdulillah yahh.

Another example. Dulu, beauty blogger mungkin mesti nabung buat beli make-up. Sekarang, beauty blogger hobi gonta-ganti produk make-up melulu saking banyak nya brand kosmetik yang mengirimkan produk-produknya secara gratis untuk di-review para blogger. Begitu juga halnya dengan fashion blogger, yang dulu harus pinter-pinter berburu baju second-hand dan harus mahir D-I-Y gunting dan jahit demi bisa share mix-and-match outfit of the day yang bikin mupeng. Sekarang kayaknya pada gampang banget pamer baju-baju bermerk mahal karena sering dikirimi cuma-cuma oleh berbagai brand dan online shop. Begitu juga dengan travel blogger, book blogger, automotive blogger, gadget blogger, daaaaan sebagainya.

Dan nggak hanya yang gratisan, malahan banyak yang udah dibayar karena sudah punya rate/tarif tertentu pula untuk sekedar nyobain produk-produk dan jasa tersebut atau sekedar mempromosikannya.

See? 
Bisa dilihat langsung dong, bahwa era blogger itu belum berlalu.
Malah mungkin semakin berjaya. Semakin bergairah. Semakin baik.

Hopefully untuk waktu yang lamaaaa seperti halnya youtube, instagram, dan provider media online lainnya.

68 komentar:

  1. Kalo kamu cari blogger yang bisa menghasilkan uang, aku mundur. Tapi kalo kamu cari blogger tukang curhat, sambil nulis konspirashit tidak jelas, aku ikut ngantri wkwkwk.

    Lagipula sekarang mah selain nulis di blog pribadi, bisa juga join di website yang cukup ternama ya, ehm jatuhnya sih kaya kaskus dulu. Tetap, blog jadi tempat yang enak sih bagi introvert hehe

    BalasHapus
  2. Kenapa nulis Google Adsene harus disensor? haha

    BalasHapus
  3. Saya termasuk blogger tipe pertama.. Saya ga suka sekali adsense mau di blog, mau di yutup.. Tapi kalau konten berbayar, suka sih.. Karena saya ini pengguna setia adblock wkwkwkwk

    btw saya baru tau blogger itu narablog dalam bahasa Indonesia.. Saya pikir Narasumber Blog = Narablog, artinya blogger artis-artis yang jadi narasumber :))

    lontong bener pengetahuan wkwkwk

    BalasHapus
  4. Gw mah apa, blogger hore-hore doang.Gw bikin blog juga sebagai media curhat sama nulis lucu-lucuan doang. Seneng aja kalo suntuk baca-baca tulisan lama, terus gw ketawain sendiri hasil karya gw.

    Bukan duit sih alasan gw bikin blog. Tapi pertemanan dunia maya lah yang bikin gw seneng ngeblog. Apalagi ketemu temen sinting kaya lu, wkwkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHHAHAHA
      Blogger hore-hore

      Sama sih. aku juga cuma blogger haha-hihi

      Tumben kamu pinter Om

      Hapus
  5. Amin ya allah... enang si katanya banyakan penghasilan yutuberzz gpp deh kita jadi blogger yang penting bisa menghasilkan karya terbaik insha allah pendapatan kian hari semakin baik hihihi semangat kak aul salam dari cassie ni hihi

    BalasHapus
  6. Sooooooo agree with this
    Karena sekarang "nyawa"nya blogger lebih ke experience, jadi kontennya kudu mateng.

    BalasHapus
  7. Klarifikasinya mantuuul nih, Aul ....
    Semoga semuanya tercerahkan ya, yang dulu pada sempat pesimis blognya kira2 bakalan disetujui tidaknya oleh adsense, setelah baca post ini jadi paham.

    BalasHapus
  8. Betul mas, kalau mau adsense, mending beralih ke youtube.. Tapi blog juga kelebihannya tersendiri, apalagi yang sesuai passion-nya membuat menulis blog lebih puas..

    BalasHapus
  9. Iya, bener siapa sih yang nggak tahu aul. Blogger awesome, yang ngakunya abal-abal. Aku sih gak percaya!

    Tapi emang bener kok, blogger sekarang kalau mau menghasilkan alias jadi pekerjaan dalam artian freelancer harus bener2 tahu lini pemasukannya dari mana saja.

    Misalnya suka banget di endorse, jadi harus gabung sama grup blogger yang suka diendorse, suka menang lomba, harus gabung sama yang suka menang lomba, suka event ya harus gabung sama grup event.

    Pokoknya banyak deh pengalamanku yang mengatakan eksistensi blogger masih sangat dibutuhkan dan beneran bisa jadi sumber penghasilan tambahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. PREET

      HAHAHHAHAHAHA

      Master lomba blog yang duit nya puluhan juta dan laptop sama hape nya gonta ganti mulu gara-gara ngeblog lagi muji-muji blogger receh tu ibarat apa ya... buaya muji kadal. wkwkwk

      Yaps bener banget
      Setuju banget sama mas Adhii

      Hapus
  10. Zaman makin lama smkin berubah sih. Era blogger masih berjaya, cuman genrenya aja emg yg beda yaa. Enak sih klo bsa sambil dpt uit jajan. Tp klo gue ngarepnya dpt jajan ya ga dpt2, jd tujuannya kmbali sprti awal aja, buat curhat n cerita2 apa aja yg disukai. Klo dpt uit jajan ya anggep aja bonus. Haha. Dan bsa dibilang diriku masih belum mupon dri "personal blog",yak gue msh nyari2 bacaan keseharian, siapatau msh ada bbrp blogger yg nulis2 itu. Haha

    BalasHapus
  11. Saya mah sebodo amat sama adsense sekarang, buktinya nggak ada adsense sama sekali di blog. Skarang mah menikmati sharing "sombong" 😁😁😁😁

    BalasHapus
  12. Menarik nih aull pembahasannya 😁

    Banyak sih aku dengar sekarang ini para blogger yang mau daftar adsense itu sering tidak diterima oleh pihak Google nya dipersulit, padahal blog mereka menarik dan tulisannya bagus, dan itu yang membuat mereka gelisah.

    Lah kalau aku iya kemaren sempat daftar itu adsense awal tahun 2016, niatnya ingin coba aja, ehh dua Minggu sudah dapat email approve dari adsense nya.

    Nah kalau masalah aku, malah bingung itu adsense mau diapain, biasanya kan kalau sudah dapat gitu harus sering nulis dan share ke sosial media yang lagi populer supaya trafik blognya naik agar dapat adsense banyak.

    Lah aku sampai sekarang tidak pernah share ke Facebook atau pun Instagram yang kemungkinan akan menaikan trafik blog. Masih ada rasa tidak berani aja melihatkan tulisan ke orang yang gue kenal di kehidupan nyata, seperti teman2 gue lah, takut aja gitu, bahkan mereka tidak tau kalau aku suka tulis di blog.

    Makanya aku sih lebih sedih ke google+, karena di situ mayoritas nya iya para blogger dan teman setongkrongan di rumah tidak pernah mainin, jadi aman tidak ada yang tau, makanya aku hanya share di situ untuk saat ini. Makanya aku tidak terlalu memikirkan berapa yang di dapatkan dari adsense tsb.

    Yah adsense menurut aku untuk sekarang iya sebagai penghargaan aja dan motivasi agar tetap menulis blog, Biar aja dia mengalir mau dapat sukur kalau tidak iya tidak masalah.

    Kalau tujuan dari ngeblog aku sih masih tetap berawal dari penasaran dengan blog, mencoba bikin dan sekarang ketagian, rasanya pass sebagai sarana untuk segala opini yang keluar dari kepala yang kemudian disalurkan kedalam blog dan juga untuk dokumentasi pribadi sih.

    Dan aku setuju erah blogger tidak akan berakhir, karena blog sudah mulai berkembang dan prospek kedepannya juga menjanjikan.

    Bermanfaat ini aull, aku juga sekalian belajar tentang perkembangan dunia blog untuk saat ini. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sellau seneng banget kalau apa yang aku tulis panjang-panjang beneran dibaca dan direspon dengan opini juga

      Thank youu maskuuu

      IYa sama sih, aku juga nggak terlalu share soal blog di sosmed
      Baru belakangan ini aja, karena eksistensi sebagai blogger di kalangan temen-temen juga mendatangkan rezeki karena temen2ku sekarang banyak yang bisnis hehe

      Sama-sama maas
      senang bisa sama-sama berbagi

      hidup bloggeerrr!

      Hapus
  13. aku EGP sih soalnya gak bisa edit video ya gak begitu tertarik mendalami yutub. kalau pas ada video seru aja tak upload
    tapi pada dasanya gini. klo nulis di blog itu rasanya lebih legaaaaa
    hasilnya gak banyak tapi serunya itu loh
    gak ngeblog 2 bulan ini aja rasanya gimana gitu..

    BalasHapus
  14. Blog kurang peminatnya juga karena minat baca orang indo cenderung sedikit. .
    Blog masih cocok untuk orang2 introvert

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi

      Orang biasa juga banyak yg baca koook
      Tergantung konten nya ^^

      Hapus
  15. Aku ngeblog hanya untuk suatu saat bisa jadi semacam buku kenangan.

    BalasHapus
  16. wahhh bener banget nih mas bro
    Batua bana. hahaha
    Salam blogger minang mas bro

    BalasHapus
  17. Yaa emang kabarnya era 2019 sampai 2020 orang lebih cendrung lari ke video seperti youtube dan IG..😱😱

    Namun benar juga seperti artikel diatas era blogger tetap berjaya kok meski pada kenyataanya para adsense harus menelan pil pahit karena minim pendapatan...Tapi masih ada jalur lain kok seperti youtube dan sejenisnya..😄😄

    Ok sob thanks atas ulasan kerennya..👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan kabarnya lagi mas, udah terjadi wkwkkw

      Yapss betull
      Semangaaat!

      Hapus
  18. Dari dulu aku selalu jadi blogger tipe pertama. Nulis di blog ya untuk memuaskan hobi dan syukur-syukur kalau bisa bermanfaat. Banyak yang berubah di dunia blogger sekarang. Tapi aku setuju kalau dunia blogging gak pernah mati. Buktinya tiap hari adaaaa aja blogger baru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya miss samaa ^^

      YESS AGREE!
      Ku senang ada blogger angkatan lama yang ikutan baca dan komen huhuhu. The struggle is real kan ya kak indii :')

      Hapus
  19. blogger sekarang kalau mau bisa bersaing di dunia persilatan ini harus bisa jadi content creator, tidak sekedar bisa nulis saja, tapi bisa desain grafis, sotosop, fotografi, videografi, internet marketing, programing, dll. Bisa dibilang, sebenernya para blogger itu adalah orang2 yang multi talenta. banggalah jadi blogger. (kalau saya mah belum jadi blogger, baru sekedar curhat2 doang, haha)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, betulll.
      Alhamdulillah aku bisa sebagian besar hehe

      Bangga dooong pasti!

      Hapus
    2. alhamdulilah, bagus, lanjutkan mimpimu, anak muda.

      Hapus
  20. blogger itu tidak akan ada habisnya, selama internet masih ada sinyal.

    BalasHapus
  21. Motivasi gw nge blog kali pertama tahun 2008 bukan karena uang, dan blog gw emang dr dulu bersih dr tamplate iklan. Jadi mau ada yg bulang ero blogger dah kelar sih peduli setan yess. Tapi emang bijin google ads emang dipersulit secara bnyak beud bermunculan youtuber2 dgn konten receh yg lebih parah dr sinetron indonesia yg menyesatkan. 😂😂😂😂 untung content yutub gw bukan content sampah yess 😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahahha

      Keep it up! Yadeh yang kontennya sangat berkualitas hahaha

      Hapus
  22. Sela,a orang butuh akses informasi maka blog akan tetap ada. Lagipula blog yang personal lebih terasa akrab dan dekat karena memakai bahasa keseharian dan memaparkan pengalaman sendiri atau hasil pengamatan dari sekitar.
    Saya baru mulai aktif ngeblog lagi setelah dipaksa hiatus lama (3 setengah tahun). Merasa senangetelah balik urus blog lagi dan bikin baru, pergaulan saya lebih baik dan beroleh banyak ilmu berkat jelajah blogdan interaksi.
    Blog tetap akan menjanjikan, semoga di masa mendatang blog tetap jaya de ngan caranya.

    BalasHapus
  23. Wahhhh mungkin dimasa depan blogger bakal menyusul tutup nih, mengikuti google+. Menyeramkan, apakah ak harus migrasi ke Youtube, menulis cerita di youtube dalam bentuk video. Ah tidak mungkin! Ak suka menulis di blog, JANGAN DITUTUP PAK!

    BalasHapus
  24. blogger itu ga akan tergerus, saya yakin itu. meskinpun banyak yang bikin konten youtube bukan berarti ilaaang. Bener deh, kalau sekarang itu ga harus nagndalin GA aja, banyak cara utnuk dapatin uang dari blog, kayak afiliasi, lomba, sponsored post, dan lain sebagainya..

    eh, btw saya sendiri termasuk jenis yang menyalurkan hobi aja, tapi kalau ada rezeki ya ga ditolak

    BalasHapus
  25. Sekarang ini kalau saya perhatikan dunia bisnis semakin mengeliat, sehingga mereka membutuhkan media sebagai tempat mampir iklan mereka.

    Nah..blog kena percikannya,,tuch, sehingga adminya bisa sumringah ketika mendapat uang dari hasil kerja sama itu, jangankan untuk beli kosmetik, beli mobil saja bisa dari uang hasil blog, tapiii...... beli mobil mainan dulu yach..... yang asli nunggu uangnya kumpul,hihihihi......

    BalasHapus
  26. Saya salut deh sama temen2 yang selalu setia menanti google adsense.
    Soalnya saya daftarnya mudah, tapi dapetin duitnya lamaahhh hahaha

    Kalau menurut saya, salah satu penentu mudahnya di approve google ads adalah kualitas blog dan konten di dalamnya.
    Saya dari dulu daftar google ads tapi di tolak mulu, sekarang2 aja pas iseng daftar eh langsung diterima, karena konten di blog saya udah banyak kayaknya.

    Btw, saya termasuk blogger satu dan dua hahaha (serakah)

    Saya menulis di blog sesuka saya, gak mau terikat dengan bahasa yang harus gini gitu, lebih suka curhat, tapi bukan sekadar curhat, sebisa mungkin berbagi manfaatnya.

    Dan saya juga mata duitan hahaha, tapi dari sponsored post sih, kalau dari google ads belum menghasilkan banget hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. RIGGHT?? Hahahahhahaha

      Cieh hehehhe

      hahaha kalo soal sponsored sama deh wkwkkww

      Hapus
  27. masa blogger belum berlalu, justru blogger sekarang sangat kompetitif. blogger makin banyak jumlahnya
    dan seringnya rebutan job sampai sikut2an
    rezeki emang udah ada yang ngatur
    selagi uang dari blog lagi banyak, jangan lupa disisihin terus dialihkan untuk investasi lain biar nggak puyeng kalau job bloggernya jadi sedikit :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaps, benerrr

      Aduh bukan lagi hahahha

      iya kak skrg nih aku mulai2 nabung wkwkw

      Hapus
  28. Baca ulasan artikel Aul ini bikin tetap semangat jadi blogger meski penghasilaan daru Adsensen nggak besar. Taoi kita bisa menghasilkan karya kita yag mungkin informasinya bermanfaat bagi orang lain.
    Moga Aul semakin banyak mendapata tawaran kerjasama dari pihak sponsor.

    BalasHapus
  29. Mantul bang, penyemangat blogger di era vlogger haha

    BalasHapus
  30. Ulasannya keren mas Aul. Kalo saya sih masih fokus ngeblog nih,kar karena memang suka nulis dan nyari teman banyaK di dumay. Urusan mau dapat duit, gadget, jalan-jalan gratis, voucher, endorsement, diundang ke event, semua itu adalah "BONUS" atas jerih payah yang selama ini dilakukan.

    Memang betul, banyak Blogger yang sudah lebih fokus mengelola channel youtube, dan mengurangi aktivitas ngeblognya.

    Kalo orientasi ngeblog ke Rupiah terus, giliran gak tercapai keinginannya, malah mogok ngeblog di tengah jalan. Mending dibawa enjoy dan jadiin hobi. Yoi gak mas Aul??!

    Btw, ditunggu komennya di artikel terbaru tentang Aplikasi Club Alacarte. Thanks ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas
      Ketika itu bukan orientasi, jadinya kalo dapet ya enakk. Ga dapet ya seneng seneng aja wkwk

      Hapus
    2. Wah, keren ini komentarnya mas Hendra. Memang klo ngeblog yang enak dibawa santai, jadi gak ada beban dan ngalir aja. Klo memang ternyata dapet sesuatu y anggap aja bonus.

      Btw banyaknya blogger yang pindah ke youtube sering bikin penasaran. Pengen juga ngerasain jadi Youtuber, cuma masih bingung mau diisi konten apaan?

      Hapus

Thanks for dropping by!
Leave some comments here if you want. Use your gmail or blogger or google account to comment. If you do not have one, choose Name/URL.

For private comments or questions just send me email to Aulhowler@yahoo.com

Thank you :)