Februari 07, 2019

Goodbye Google Plus! - Tutorial Mengganti Fitur Blogging Keluaran Google+ dengan Fitur Dasar Bawaan Blogger.com


Hello Muggles!
Kabar yang agak mengejutkan tapi nggak mengejut-mengejutkan banget muncul pas kemarin saya login ke akun blogger. Saat sampai di Dashboard/Dasbor, ada notifikasi latar kuning yang biasanya penting dan menyangkut hajat hidup perbloggeran. Dan setelah saya amati dan cermati dengan seksama dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, ternyata itu memang menyangkut perbloggeran : Fitur-fitur Google+ akan ditutup Maret 2019! Wowwww.

Buat kebanyakan blogger apalagi yang bikin akun blog nya di atas 2012 kayaknya bakal terpengaruh banget ini ya. Karena dari google kan "agak memaksa" mengkaitkan akun Google+ ke akun Blogger.com, termasuk fitur Followers, Fitur komentar, dan fitur share ke Google+ nya itu sendiri. Yang mana fitur-fitur itu mulai maret 2019 akan berangsur-angsur dihilangkan. 


Syukurlah blogger-blogger lama bisa bernapas lega (Saya aktif mulai 2008. Masih ada yang aktif kah blogger yang seangkatan acu weyyy??). Karena nggak ikut kena pengaruh. Fyuuuuuhhhh. Soalnya sejak awal bikin akun blogger, kita langsung pake profil dari akun blogger.com nya, bukan akun profil Google Plus. Terus gadget followers nya juga masih pake gadget dari blogger.com, bukan follower Google Plus. Terus kolom komen dan fitur komennya juga masih pake yang versi klasik dari blogger.com, bukan yang dari Google+.

Saya pribadi sih, sejak awal perilisan Google+ hingga ke era akunnya ditempelin ke akun blogger nggak tertarik untuk ikutan pake fitur Gogole+. Walaupun, banyak banget teman-teman blogger yang sudah migrasi, update dan upgrade ke fitur-fitur baru keluaran Google+. Selain karena saya emang tipe yang kalo udah suka gamau gonta-ganti, juga karena fitur-fitur Google+ itu loadingnya serba berat. Pas buka profilnya, pas buka komentar nya, dan lain-lain. Dan saya masih nggak ngerti cara pakai socmed nya sampai sekarang wkwkwkw. Soalnya udah terlanjur nyaman sama Twitter dan Instagram (Follow-followan yuk, di @Aulhowler ) sehingga merasa nggak butuh socmed lain lagi. Juga karena di Padang, hampir nggak ada yang pake socmed Google+. Pada punya sih, di HP android (karena udah aplikasi bawaan hape nya -_____- ) tapi hampir nggak ada yang menggunakan wkwkw.

Nah, mumpung perubahannya masih sebulan lagi, buat teman-teman yang terlanjur blog nya semua pake fitur Google plus, berikut saya bantu jelaskan cara mengganti fitur-fitur blogging yang nempel sama Google+ menjadi fitur bawaan dari blogger.com

Sebelumnya mungkin aja ada yang ragu ya, yang mana sih Profil Blogger? Itu lho guys, yang kalau nama kita di komentar di-klik, akan muncul tampilan tentang diri kita dan blog kita. Kalau profil blogger teman-teman udah terlanjur nempel ke akun Google+, maka yang akan muncul adalah Profil akun socmed Google+. Nah, terus yang mana ya yang profil Klasik Blogger.com? Yang ini lho guys:

Berikut langkah-langkah untuk merubahnya, atau membuatnya (bagi yang sama sekali belum pernah bikin)


  • Login di www.Blogger.com, maka akan terbuka Dashboard/Dasbor
  • Dari Dashboard pilih "Settings", dan pilih "User Setting". 
  • Setelah itu, di bagian "USer Profile" tinggal diganti centang/point nya dari Profil "Google+" ke "Blogger"
  • Setelah itu akan muncul jendela pengeditan. Harusnya sih link  halaman nya itu https://www.blogger.com/edit-profile.g
  • Upload fotonya jika belum ada, isi kolom-kolom yang tersedia
  • Terakhir save


Kalau yang ini kayaknya udah jelas ya bedanya, karena ada tulisannya. Followers Google+ itu yang ada keterangan Follower Google+ nya, sedangkan Followers Blogger klasik nggak ada keterangannya, cuma Followers/Pengikut aja.


Berikut langkah-langkah untuk merubahnya, atau membuatnya (bagi yang sama sekali belum pernah bikin)

  • Login di www.Blogger.com, maka akan terbuka Dashboard/Dasbor
  • Dari Dashboard pilih "Layout". 
  • Setelah itu, di bagian sebelah kiri atau kanan blog (tergantung template blog teman-teman) klik menu "Add gadget".
  • Kemudian akan muncul jendela berisi menu-menu fitur-fitur /akesoris/gadget untuk tampilan blog. Scroll ke bawah, lalu klik tulisan followers atau icon tambah di ujung kanannya
  • Beri judul gadget sesuai selera teman-teman
  • Save, lalu seret/klik tahan gadget itu ke posisi tampilan yang paling teman-teman suka.
  • Terakhir klik tombol "Save arangement" orange di kanan atas halaman.

3. Tutorial Cara Menghilangkan Tombol/menu +1, Share G+ dan Fitur-fitur lainnya Yang Terkait dengan Google+
Untuk yang satu ini, akan agak sulit bagi saya menjelaskannya. Karena fitur ini lumayan rumit untuk dirubah mengingat menu nya menempel di template blog kita. Buat yang mengerti kode, mungkin cukup mudah. Tinggal pergi ke edit template (Javascript/HTML) lalu search kata Google+ atau G+ dan hapusin elemen nya dari buka kurung sampai tutup kurung. 

Bagi teman-teman yang tidak paham kode-kode, cara gampangnya yaitu dengan mengganti template. Saya sih merekomendasikan teman-teman pake template bawaan dari blogger.com (ada di menu "theme" atau template editor), karena singkronisasi dengan akun google+ itu juga akan telah dihilangkan pada template resmi blogger.com. Bila pakai template pihak ketiga dari berbagai website gratisan, mungkin solusinya adalah teman-teman harus mengganti template nya dengan yang keluaran terbaru 2019.

Demikianlah tutorial kali ini pemirsa. saya harap semoga ini dapat bermanfaat bagi banyak teman-teman blogger yang lagi kebingungan dengan adanya notifikasi penghilangan fitur Google+ pda blog tersebut.

56 komentar:

  1. Wah iya saya juga kaget dapat kolom oranye itu. Dahulu pernah kaget karena pemberitahuan https itu. Yang mana ga saya ubah karena masih belum ngerti, hahaha.

    Benar, tidak berdampak yang gimana-gimana karena jarang dilihat juga.

    Oleh karena itu saya berkomentar menggunakan pengaturan name/url ya, tidak g+. Karena akan goodbye sooner wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yang https itu sih menyangkut security doang kok, dimana kalo kita nyalain fitur https nya maka akan lebih banyak negara dan I.P Address yang bisa akses blog kita walau aman gak aman gitu

      Yang lebih tau mungkin bisa bantu jelasin wkwk

      Hapus
  2. TOSS! Saya angkatan 2008 mas, alhamdulillah ga tergerus jaman migrasi ke Google+, malah saya bersyukur semua komentar ntar jadi versi Blogger lagi biar mudah blogwalking.. Wakakakak

    Kalau yang pake G+, model blogwalkingnya, musti singgah dulu ke profile G+, terus cari link blog yang punya.. Iya, kalau ada.. Kalau ndak ada, puyeng blogwalking hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam blogger tua baaang!

      Haha iya bener, mesti cari link sendiri ya ribetttt

      Hapus
  3. Ada hikmahnya saya nggak ganti-ganti fitur bawaan blogger. Males dan gaptek aja sih wkwkwk. Tapi untungnya sekarang nggak perlu ribet karena google plus tutup.

    BalasHapus
  4. lagi migrasi ini sampe tanggal 2 april
    sdedih aku udah mulai nyaman pake G+

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditinggal pas lagi sayang-sayangnya :))

      Hapus
    2. @Pramudya Dhio:

      Haha semangat migrasi maas!

      Hapus
    3. @Andie:

      Haha melankolis banget yes mas

      Hapus
    4. andie ini dilema anak twitter kali yah kayaknya dari kata katanya gitu

      Hapus
  5. Pemberitahuan soal G Plus bakalan tutup sudah diinformasikan sejak Oktober 2018 yang lalu. Jadi, bukan dadakan. Tapi karena memang pengumuman di Blogspot baru muncul kesannya mendadak.

    Sebenarnya tidak banyak kerepotan karena saya sendiri jarang memakai G PLus (Facebook juga jarang, Twitter jarang, Instagram jarang.. ga ada yang sering), ya tidak terlalu masalah juga.

    Kalau cuma ganti setting profile sih, no problem.

    Followers? Nggak pernah mikirin atau ngitung apa punya follower atau nggak. Jadi, ya tidak ngaruh juga G Plus tutup, bagi saya mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes.
      Yang saya bahas juga bukan google plus nya sih mas, tapi lebih ke fitur google plus yang banyak dipake para blogger karena diakusisi oleh blogger.com

      Syukurlah kalau gak ikut terkena dampak ya

      Hapus
  6. Aku termasuk yang suka dan nggak suka dengan ditutupnya Google Plus. Sukanya karena bisa balik ke model lama seperti dulu. Tapi nggak sukanya karena nggak punya sarana share tulisan lagi. Wkwk.

    BalasHapus
  7. saya malah gontaganti dari komentar blogger dan google+. imana tuh kasusnya mas?

    ya, sedih sih ada berita penutupan g+. bakal kehilangan teman lagi deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sarankan sih ganti jadi komen form bawaan blogger.com ajaaa

      haha nggak juga kok kan bisa dilanjut pertemanannya disosmed lain macam instagram atau twitter :(

      Hapus
  8. Yaa cuma bisa pasrah... Sudah aku rubah sih mas cuma kaya ada yang hilang aja gitu..biasa suka intap intip di google+ ..πŸ˜„πŸ˜„

    BalasHapus
  9. Wah makasih infonya kak, bagus artikelnya

    BalasHapus
  10. Hilangnya G+ ini cukup membuatku sedih soalnya mengurangi tempat buat share tulisan, lumayan banget kalo buat nambah PV. Semoga Google bisa ngasih solusi lagi kaya G+ ini

    BalasHapus
  11. Setauku kemarin widget jnttk masang followers blog (bukan google plus) itu ngga ada lho mas. Karena dulu sebenarnya saya pengen pasang widget followers itu tapi dari googlenya maksa bisanya pake yang google plus aja. Hehe. Ternyata ngga nyangka juga google plus ngga berumur panjang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok sebenarnya, tapi di halaman dua. sehingga byk yg nggak menyadari nya

      Iya sayang juga yah jadi hang semua followers yg udah ngikutin blog

      Hapus
  12. Wah saya baru mencoba migrasi nih dari google+ ke komentar bawaan blog.

    Mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan dunia internet. Pasti ada yang naik dan ada juga yang turun. Jadi harus siap. πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener. Harus selalu ready dgn perubahaaan

      Hapus
  13. Aku catat dan akan coba praktekkan setting follower Klasik blogger.com.
    Terimakasih tutorialnya, Aul.

    BalasHapus
  14. Please read my post. rehanaexperience.blogspot.com

    BalasHapus
  15. huhu sedih ya kak aul uda gak ada google plus,, padahal kalau ada gugel plus asik kalau mau bw.. yasudah mungkin ini keputusan terbaik dari google.. semoga semakin maju dan baik kedepannya

    BalasHapus
  16. Saya termasuk yang merasa kehilangan deh, soalnya kebiasaan kalau habis nulis terus pilih share tulisan. Sekarang balik lagi rasanya ada yang kurang. hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak memang yang kehilangan

      sabar ya mbaaak

      Hapus
  17. Kasian banget yang selama ini pakai kolom komentar google plus,,, mereka ga bisa convert komentar itu ke blogger comment...

    Gegara langlah google shutdown G+, saya kok jadi khawatir kalau blogger juga bakalan di shutdown suatu saat ini, gegara pamor wp sekarang lebih tinggin dibandingkan blogger... kita yg sebagai pengguna blogger harus sering2 backup data, wahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sektor blogger daridulu ga banyak berubah mas.. Apalagi masih bisa menghasilkan dengan adanya AdSense. Dan benar, WP pamornya lebih tinggi, tapi cuma Blogger yang gratis dengan konfigurasi template HTML/CSS nya hahaha

      Hapus
    2. @Sabda awal:

      Iya ya mas, gak bksa di convert..

      Semoga enggak deh huhuhu
      amit amiiitt

      Hapus
    3. @Andie :
      Betul mas, setuju banget.
      Tapi di daftar teman ku lebih banyak pengguna blogspot sih drpd wordpress

      Hapus
  18. Please read my post. rehanaexperience.blogspot.com

    BalasHapus
  19. Baru aja nyelesein bio profil blog. Langsung ganti setelah baca tulsian mas Aul ini. Agak gimana ya, sayang aja gitu kok G+ udah gak ada. Tapi ya mau gimana, kita hanya pengguna. Mungkin ini yang terbaik.

    Yang jelas terus nulis :)

    BalasHapus
  20. Dadah dadah google+
    Balik kucing lagi ke blogger...

    BalasHapus
  21. Makasih tutorial nya Aul. Aku screenshoot semua cara-caranya..
    Semoga kita semua bisa tetap blog walking ya meskipun G+ sudah tutup nanti nya.

    BalasHapus
  22. Tuorialnya sepertinya akan laris manis dipasaran Mas... :) *epek dari kebijakan Google*

    BalasHapus

Thanks for dropping by!
Leave some comments here if you want. Use your gmail or blogger or google account to comment. If you do not have one, choose Name/URL.

For private comments or questions just send me email to Aulhowler@yahoo.com

Thank you :)