November 21, 2009

Jendela dunia : Nggak cuma baca buku???

Assalamualaikum...

Aul mau sok tau lagi nih ( sebenarnya kurang tepat juga kalo dibilang sok tau.. coz, tu smua adalah kesimpulan yang Aul dapat berdasarkan pengalaman pribadi. jadi sedikit banyak ada juga lah, benarnya....^_^;)

Kali ini mau nge-bahas hobi...
Terinspirasi dari kata-kata lama "Buku adalah jendela dunia",..
Namun, dimodif dikitt...

jadinya tuh, kayak judul postingan ini...

hehe..

Ehm...eheemmm...
Jadi gini...

 
Dewasa ini, informasi begitu mudah didapat. kapan saja, di mana saja dan tentang apa saja. Buku, yang notabene adalah sumber ilmu sekarang ini sudah sangat jarang digunakan. MAsyarakan zaman sekarang cenderung kepada yang praktis,, ekonomis namun tetap berkualitas. maka, pilihan instan menjadi solusi utama. Ya dari Televisi, Ya dari radio, ya dari internet..
Harry Potter Books Pictures, Images and Photos
Mulanya, masyarakat senang mendengar radio, karena menurut mereka membaca koran amat "menjemukan" dan juga "menghabiskan banyak waktu", sehingga untuk mengerahui berita terkini cukup dengan mendengar radio saja. dengan demikian, waktu tidak tersita dan pekerjaan tetap bisa dilakukan sambil memperoleh berita dari radio.
radio Pictures, Images and Photos

Kemudian, daya tangkap masyarakat mulai mendapat segikit gangguan. berita-berita yang diperdengarkan di radio tak bisa dibayangkan. maksudnya, peristiwa yang terjadi tak bisa diketahui wujudnya, karena lewat radio hanya bisa mendengar suara saja. lantas, masyarakat mulai melirik televisi sebagai sumber informasi. alasannya, karena dengan televisi masyarakat tsb dapat mengamati langsung bagaimana peristiwa yang diberitakan. secara, Nggak asyik dong, denger berita tanpa tau bagaimana jelasnya. contohnya begini, berita mengenai detik-detik terbunuhnya teroris. bagaimana kita bisa paham kalau gambarnya tidak ada..?  ya kan..??

Kemudian, zaman sekarang masyarakat memperoleh informasi dengan cara yang lebih canggih lagi. INTERNET. Informasi yang tersebar bahkan lebih cepat dari pesawat sekalipun. Mereka tidak perlu lagi berlama-lama menunggu loper koran. mereka tak perlu lagi bersusah-susah menunggu tayangan televisi. kapan dan dimana saja, sekarang mereka sudah bisa mendapatkan berita-berita terbaru, bukan saja tentang daerah lokal, tapi SELURUH DUNIA...
Hal inilah yang akhirnya membuat pengguna internet makin menyemut.. bahkan sekarang sudah lebih praktis lagi. Mereka tak perlu selalu berada di depan komputer untuk mengakses internet. dengan Handphone yang notabene bisa dibawa ke mana-mana pun, internet dapat diakses!


NAmun, sayangnya, pengguna internet mengalami kerugian yang  tanpa mereka sadari berdampak banyak pada mereka sendiri. diantaranya:
1. Mata sering terkena radiasi monitor/hp, sehingga bisa merusak tingkat penglihatan mata. Terlalu dekat menatap layar apalagi, bahkan bisa membuatmu berkacamata.
2. Karena perasaan senang selalu datang saat berinternet ria, seringkali kita menjadi lupa waktu. bolehlah, seandainya kita bukan termasuk orang yang sibuk. namun, jika terus-terusan demikian, pekerjaan kita yang sedikitpun akhienya berantakan.
3. karena mudahnya data2 yang diakses, pengguna internet seringkjali melakukan hal-hal yang merugikan pihak lain. iya kalo pihak lain itu diam, kalo dituntut??
4. Dan maaasih banyak lagi.

Makanya, walaupun zaman terus berkembang, bukan berarti buku kita tinggalkan. Malahan, ternyata dampak negatif yang ditimbulkan sumber2 informasi lain, tak kita jumpai pada buku. selain itu, dengan mencari informasi di buku, kita menjadi terlatih untuk mendapatkan hal-hal tertentu yang terkadang berguna untuk kita. kita menjadi tak terbiasa manja, dsb.

Hee...
sekian dulu dari watashi....

Assalamualaikum...


Aul cool reportedd...

No comments:

Post a Comment

Thanks for dropping by!
Leave some comments here if you want. Use your gmail or blogger or google account to comment. If you do not have one, choose Name/URL.

For private comments or questions just shot me email to Aulhowler@yahoo.com

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...