September 15, 2013

Tips: Relaksasi Hari Minggu di Hari-hari biasa

     Sibuk itu bagus, memang. Tapi hampir tidak ada yang berakhir baik ketika setiap hal itu diawali dengan kata "terlalu". Begitu juga dengan terlalu sibuk. Tak hanya akan dapat menimbulkan masalah psikologis seperti stress dan jenuh, tapi juga berbagai macam masalah kesehatan seperti kelelahan, tipus, diabetes, bahkan kematian mendadak. Sepele tapi berbahaya. Kecil-kecil cabe rawit.


     Solusi utamanya tentu saja adalah refreshing, atau relaksasi, atau hiburan atau yang lain-lain. Tapi bagaimana jika waktu yang tersedia untuk itu sangat sedikit bahkan di hari minggu sekalipun? Bagaimana jika waktu luang yang ada tidak cukup untuk jalan-jalan bersama keluarga, atau olahraga, atau nonton film ke bioskop? Berikut ini beberapa tips dari saya yang bisa dicoba.

1. Tulis jadwal kegiatan & temukan waktu luang
     Tuliskan di atas kertas. Mungkin di agenda atau catatan kecil. Dengan demikian, akan terlihat titik-titik tertentu dimana kita tidak memiliki kegiatan penting, walaupun hanya 5-30 menit. Itulah waktu-waktu relaksasi yang kita punya, waktu yang akan kita manfaatkan. Jangan hanya diingat-ingat ya, karena kita bisa saja lupa dan akhirnya waktu luang itu berlalu begitu saja. Faktanya, kebanyakan orang kehilangan waktu-waktu luang hariannya karena hal itu.


2. Tuliskan opsi kegiatan relaksasi yang anda suka
    Selera dan kesenangan manusia itu berbeda-beda. Jadi, tuliskanlah sebanyak-banyaknya kegiatan relaksasi benar-benar yang bisa me-relax-kan dan me-refresh pikiran anda. Bila perlu, cari referensi dari internet. Lalu tuliskan juga masing-masing estimasi waktunya. Selanjutnya, urutkan dari yang paling sebentar hingga yang paling lama.


3. Sesuaikan kegiatan relaksasi dengan durasi waktu luang yang ada
     Nah, kita sudah bisa memilah-milih mana yang cocok dilakukan di waktu pergantian jam pelajaran, atau waktu istirahat makan siang atau waktu sudah di malam hari. Tinggal atur strategi agar kegiatan relaksasi bisa maksimal. Yeah!


4. Bagaimana bila tidak ada kegiatan relaksasi yang sesuai?
     Tinggal di-modifikasi. Misalnya: Kita ingin nonton film untuk relaksasi, sementara waktu yang kita punya hanya 30 menit. Tinggal buka youtube, deh. Ada banyak sekali lho, film/video pendek yang bagus/lucu/sesuai selera yang ada di sana. Atau misalnya kita ingin jalan-jalan/rekreasi sementara waktu yang kita punya hanya sebatas jam istirahat makan siang. Tinggal bawa bekal, lho. Terus cari tempat yang asyik untuk makan bersama teman-teman. Mungkin di taman terdekat, atau di lantai atas gedung, atau di depan komputer? (sambil memutar video pegunungan atau pantai) bisa kan. hehehe #maksa



5. Kalau mau, sertakan tambahan berikut
  • Bersama. Akan lebih terasa bila kegiatan relaksasi dilakukan dengan orang lain yang sesuai. Misalnya teman, kerabat, pacar, dan lain-lain. Jadi bisa sambil bercanda, tersenyum, tertawa.. Atau bila anda tipe introvert, sendiri juga bisa kok. Bisa jadi dengan menyediakan video lucu atau games asyik atau buku seru?
  • Makanan favorit! Saya selalu merasa rileks kalau sudah makan sate, nasi goreng, jus timun, puding..
  • Teh hangat atau air putih dingin. Rileksnya langsung berasa ke kepala.
  • Shampoo & Sabun sachet. Siapa tahu bisa mandi kilat di toilet/kamar mandi sekolah/kampus/kantor. Bagaimanapun juga, air itu sumber relaksasi utama kan.
  • Kegiatan baru. Biasanya sangat menghibur lho..
  • Daaaan lain-lain..

     Segitu dulu kali ya. Nanti kalau saya ingat lagi saya tambahkan. hehehe. Finally, thank you google for the picture. Sumber gambar tinggal klik aja gambarnya. See you later, everyone! Toowhit Toowhoo!

\\Click here to leave comments in classic comment form (Full page)\\

10 comments:

  1. saya biasanya tidak mencatat secara teratur jadwal relaksasi...karena saya melakukan relaksasi setiap saat ketika ada waktu luang ...salam :-)

    ReplyDelete
  2. ehehe tumben pake bahaa Indo :)
    buat pelajar yang sebenernya belum sibuk2 banget kaya aku sih, kumpul2 bareng temen aja udah termasuk relaksasi :D
    etapi yang makan sambil puter vidio2 gunung atau pantai itu bisa dicoba nih kayaknya :D

    ReplyDelete
  3. Relaksasi dengan makanan cenderung bikin bodi gue makin berat.. -__-

    ReplyDelete
  4. sekarang aku fokus hidup sehat.. jadi sabtu minggu aku biasanya ngegym.. hahahahaha

    ReplyDelete
  5. boleh cuba...

    bila tiba waktu makan. makan yang sedap sedap mesti relax.. hehe

    ReplyDelete
  6. terlalu sibuk dan terlalu santai, dua 'terlalu' yang masih susah saya atur.

    ReplyDelete
  7. paling suka keramas, apalagi creambath, itu relaksasi banget.

    ReplyDelete

Thanks for dropping by!
Leave some comments here if you want. Use your gmail or blogger or google account to comment. If you do not have one, choose Name/URL.

For private comments or questions just shot me email to Aulhowler@yahoo.com

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...