July 18, 2016

Launched! : Aul Howler Blogazine


FINALLY!!!
YEAAAAHHHH!!! HAHAHAHAHA


Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, dengan ini saya nyatakan Blog ini ganti konsep menjadi lebih general : Sebuah Blogazine!



Apa sih blogazine?
Entah lah. Saya nggak tau juga hahaha.

Buat saya pribadi sih, itu gabungan Blog sama Majalah (Blog + Magazine = Blogazine). Kalau defenisi umum nya sih, blogazine itu blog yang tampilan tiap postingannya berbeda secara tampilan/visual/design. Kayak majalah, yang design setiap lembarnya beda-beda. Tapi, konsep blogazine untuk blog saya ini lebih kepada konten tulisannya sih, daripada design (Gak kuat deh ganti design halaman tiap postingan). Jadi nanti ke depannya konten Blog  ini bakal lebih terkonsep dan terarah dan nggak terlalu asal-asalan kayak sebelumnya. Yang mana bisa menimbulkan males update, bingung mau update apa, dan semacamnya wkwk. Lagian saya sendiri jadi lelah gitu ya abis baca-baca postingan setahun terakhir. Kok isinya curhat-curhat sampah semua, nggak ada isinya. Ada sih, tapi dikiiiiiiiiiiiiit banget. Satu banding dua ratus wkwk. Nggak ada yang salah sih. Toh sejak nge-blog dari 2008 lalu blog ini udah diary online dan saya fine-fine aja. Tapi saya sadar bahwa... ternyata cerita hidup saya itu biasa banget, flat. datar. hambar. Dan saya menuliskan itu di sini. Sementara saya sebenarnya bisa menuliskan hal-hal lain yang lebih baik.

Selain itu, nge-blog seenak jidat lama-lama bikin saya mandul. Saya jadi nggak produktif nulis. Saya jadi males nulis. Terlalu banyak ide di kepala saya yang jadi kayak taik di sungai-sungai. Muncul sebentar, lalu hanyut begitu saja. wkwkwkwk. Sementara kalau diingat-ingat, saya selalu berkoar-koar bahwa hobi saya adalah menulis. Tapi buktinya? Setahun ini hampir tak ada karya (ada sih nulis status atau tweet atau caption instagram. Tapi belum bisa disebut karya tuh wkwk.). Yaudah sih. Mulai sekarang blog ini saya maksimalin aja jadi media pribadi saya buat berkarya.

Jadi ingat duluuuu zaman baru lulus SD dan awal-awal SMP, saya pernah bikin majalah sendiri dari buku tulis kosong. Iya buku tulis buat catatan di sekolah itu lho. Sampulnya saya tempelin kertas HVS. terus digambar-gambarin biar mirip cover majalah. Judul nya AUL'S CLUB. Isinya macem-macem mulai dari komik, cerpen, puisi dan lain-lain yang saya ciptakan sendiri. Lalu nanti dipamer-pamerin di sekolah biar temen-temen pada baca. Salah satu sahabat kecil saya, Ryan, waktu itu ikutan bikin dan support saya abis-abisan wkwk. Saat itu rasanya menulis menyenangkan banget. Jauh lebih menyenangkan daripada nonton Spongebob sebelum mandi sore atau ngamatin binatang-binatang kecil di petak-petak genangan sawah orang. Menulis beneran jadi hobi yang bikin saya gembira. Bikin saya bahagia.  I really miss that momment and I really miss that feeling.

Motivasi lainnya keapa tiba-tiba ada blogazine-blogazine ini adalah karena saya sudah menyerah pada AOmagz, majalah online yang saya bangun sebagai salah satu media publikasi cerpen/cerbung/flash fiction dan karya-karya lainnya buat banyak blogger se-Indonesia. Penulis zaman sekarang cenderung menginginkan bayaran atas karyanya (saya juga gitu sih, wkwk) sementara AOmagz belum ada pemasukan. Tak ada honor bikin tak ada daya tarik. Tak ada daya tarik bikin tak ada tulisan. Jadilah mati edisi. Kehabisan isi. Akhirnya saya putuskan untuk berhenti. Dan baru belakangan kepikiran: "Kok saya nggak bikin majalah sendiri aja ya?". Jadi nanti saya sendiri yang isi, saya sendiri yang produksi, saya sendiri yang promosi. Bikin majalah beneran jelas terlalu muluk, soalnya saya toh nggak bercita-cita jadi pengusaha media. Saya mah udah mentok mau jadi dosen aja wkwk. Tapi keinginan untuk menulis dan mempublikasi tulisan masih ada. Yaudah sih, berhubung sudah punya blog yang lumayan ada pembaca, kenapa nggak saya share di sini aja?

By the way, sebenernya tanpa sadar konsep blogazine ini sendiri dari dulu udah ada cikal-bakal nya di blog ini. Cuma belum dilabelin aja. Belum ada nama atau istilahnya. Saya masih nyebut itu nge-blog random. Macem-macem. Apa aja. Khasnya personal blogger. Yup, saya beberapa kali share cerpen (walaupun itu hanya yang udah pernah dimuat di koran atau majalaja sih, karna takut ada yang plagiat haha #sokterkenal #sokartis), cerbung, puisi, dan lain-lain. Tapi publikasinya terlalu seenaknya. Kapan inget dan kapan kepengan aja gitu lho wkwk. Semoga dengan mengubah konsep blog jadi blogazine, saya setidaknya bisa menulis lebih aktif. Bisa aja dong, saya jadwalin minimal update cerpen sekali sebulan.. atau puisi dua kali sebulan.. atau cerbung dua episode per bulan... WUIH!!! Daripada sekedar curhat "Saya lagi sibuk nih..." dan diulang berkali-kali hahaha #PLAKK #MaafkanAkuGuys #SelamaIniSeringBegitu

Oke, ini udah kepanjangan hahaha. Mungkin sekian dulu deh kata pengantar dan latar belakangnya. Kedepannya saya berencana punya postingan wajib setiap bulannya, misalnya nih, (misalnya lho ya, belum tentu beneran kayak gini hehe) misalnya sebulan nge-post  minimal 1 cerpen, minimal 2 puisi, 1 review film, 1 ulasan lokasi travelling, dan semacam itu. Tapi enggak mau juga disampaikan kayak janji di sini, takut nggak sanggup menepati. Takut ingkar janji hihi.  Mungkin saya yakini dan usahakan dari hati sendiri aja deh wkwk. tapi seenggaknya postingan ini bakar nampar saya kalau suatu hari saya lengah atau lalai atau lupa diri lagi (anaknya gampang lupa diri) wkwk.  Apakah teman-teman punya saran atau masukan? Saya akan dengan senang hati menerima nya. Gausah sungkan-sungkan karena proses untuk menjadi lebih baik itu selalu butuh masukan. Nggak bisa jadi lebih baik begitu aja. Ya nggak sih?

See you in the next post!

46 comments:

  1. Ciye mahasiswa S2, benarkah bakal istiqomah rajin ngeblog?

    ReplyDelete
  2. gue baru denger soal blogazine, nanti tema yang diangkat apa aja sob? well, saya tunggu kalau gitu update-annya nih

    ReplyDelete
  3. ooo ternyata blogazine toh yang dimaksud...

    ditunggu Kak Aul, keseriusannya, eaaaa, ehehe... kangen sama tulisannya Kak Aul soalnya

    ^,^

    ReplyDelete
  4. jadi bakalan ada seninkuliah selasakuliner dan sabtucurhat gitu kali ya aul :D
    menunggu selanjutnya

    ReplyDelete
  5. wkwkwkwkwk
    sebenarnya aku udah ngonsep postingan pas buat blog baru, tapi yaaa.. -_____-

    semoga bang Aul bisa ngeblog lebih baik dengan konsep yang udah dibuat he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe I know that feel yooo :)))

      Aamiinn thanks puj

      Delete
  6. Plaaaakkk, #ketampar jugah baca ini akuh aul haha
    Sama we, aku juga slama ini terlalu ngasal ngebikin postingan
    Pengandaian taik di dalem sungai ya Salaaam, bikin merinding haha #gasah dibayangin kali yes
    Hmmmm...ini caramu bikin karya pas sma sama kayak aku tau, klo dah ngomik trus nodong temen sekelas buat baca bahahaaaa
    #kasian mereka kupaksa

    Iya banget, aku juga klo mau ngefiksi di blog masi suka takut2 diplagiat, ntar diklaim orang kan zbl...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahhahaha

      Kok kita banyak kesamaan ya kak

      Delete
  7. congrats fo the blogazine!!!

    ditunggu postingan berikutnya

    CALLMEPONYBOY

    ReplyDelete
  8. Oh Jadi nanti saya sendiri yang isi, saya sendiri yang produksi, saya sendiri yang promosi.
    Lah kok malah saya? Seharusnya anda

    ReplyDelete
  9. Congrats for the blogazine and for the master degree approval. Semoga studi nya lancar dan semoga studi nya nanti tidak menghalangi ritual bloggingnya. Amiin

    ReplyDelete
  10. hi aul.. uda lama bgt ga kesini.. dari header udah keliatan kok blogazinenya. sebenarnya yah sah sah aja mau curhat di blog sendiri.. walaupun jd kaya taik timbul tenggelam hahaha (ini perumpamaannya jijay bgt).

    sukses yaa

    ReplyDelete
  11. Kenapa nggak aja teman buat kerjasama di AOmagz nya? Cari temen yg mau berjuang hhe

    Wihh projek baru ya ceritanya, semoga terealisasi dgn baik bang ditunggu loh, kado nya. Lah~

    Ngomongin blog magazine aku kangen Ladida :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah dit
      And it doesn't work :(

      Ladida itu siapa dit?
      Jadi kepo nih

      Delete
  12. Yoo kang Aul. Salam sejahtera haha.

    Ini keren juga nih. Baru kali ini berkunjung ke Blog yang mengusung ke-magazine-an, tapi di-handle oleh personal. Ini tema nya mau menekankan apa? Tips-tipsnya kah? Karya fiksi? Or what?

    Good luck, bro!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam sejahteraa

      Semuanya. campur aduk wkwkwk
      Thank you

      Delete
  13. lagi BW nemuin blog keren ini..
    salam kenal bang..

    wah. blogazine tapi personal blog ini...
    keren keren....
    inspiratif bang :)

    ReplyDelete
  14. Weisss sekarang atau ke depan konsepnya blogazine ya aul, mantep, setidaknya entar blognya jadi berkonsep ala blog plus magazine.... Witwiw... :D

    Dipikir2, penamaan blogazine, BAGUS JUGA.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoiii

      ITU BUKAN AKU YANG NGASIH NAMA BANG WKWK

      Delete
  15. Terserah yang punya blog aja lah mau nyebutnya apa, saya sebagai follower cuma ngikut aja. Yang penting happy aja.

    ReplyDelete
  16. Saya juga gak tahu kang blogazine ahi hi hi. Waduh jadi pengen juga nih seperti kang aul, ahi hi hi .

    ReplyDelete
  17. Blogazine?

    Sok saya dukung. Semoga konsisten dengan satu tema.
    Susah. Tapi perlu dipaksain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak mesti satu tema sih
      Tapi yaaa emang harus ada benang merahnya hihi

      Delete
  18. Semoga blog nya mankin berkah, makin sering sharing #Semangat

    ReplyDelete
  19. wah keren. kalo blog punya konsep gini cepet maju nie kedepannya.. semoga berkah

    ReplyDelete
  20. Semoga bisa menghasilkan uang kedepannya bang :D , saya tunggu hal2 keren dimasadepan :)

    ReplyDelete
  21. semoga blogazine nya sukses ya, makin banyak pengunjung dan terus memberikan ilmu baru

    ReplyDelete
  22. I still have no idea what blogazine is. I mean, haha. My brain is so slow. Well, I wish you a luck for the blogazine.

    ReplyDelete
  23. makin keren ih blognya bang.. headernya juga lucu gerak gitu

    ReplyDelete

Thanks for dropping by!
Leave some comments here if you want. Use your gmail or blogger or google account to comment. If you do not have one, choose Name/URL.

For private comments or questions just shot me email to Aulhowler@yahoo.com

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...