March 06, 2017

10 Hal yang Harus Kita Pelajari dari Sosok Cumi Lebay...

Perjalanan itu akhirnya berujung juga, sementara...
Semoga perjalananmu berikutnya lebih menyenangkan, Kak Adi..

--------------------------------------------
REST IN PEACE, KAK :'(
--------------------------------------------
 Innalilllahi wainnailaihi rajiun :'(

Asli saya kaget banget sekaget-kagetnya waktu sabtu pagi buka twitter, saat tiba-tiba salah satu akun yang saya follow, @Depokmenulis, menuliskan tweet turut berduka cita atas berpulangnya @Cumilebaycom . Awalnya saya nggak begitu sadar, saya lanjut scroll ke bawah. Lalu tiba-tiba ngeh, terus balik ke atas dan.. WHATT!!?? SERIUS CUMI LEBAY COM YANG ITU??


Beberapa ungkapan turut berduka yang saya share
Coba search @CumilebayCom deh, terharu banget baca tweet-tweet blogger se-Indo :'(

Kayaknya bukan saya aja yang kaget dan shock. Hampir semua blogger yang tau beliau juga pastinya kaget dan shock. Gimana nggak, berita nya mendadak banget. Sampai saat ini saya sendiri belum denger penyebab pasti berpulangnya beliau. Tweet-tweet yang saya kepoin simpang siur, ada yang bilang beliau sakit radang otak/meningitis, tiipes, sakit perut, dll. Tapi yang pasti beliau wafat hari jumat malam pukul 23.25 WIB dan dikebumikan saat berada di kediamannya di Gresik. Baca berbagai komentar orang di seluruh sosmed, saya jadi Merinding-merinding terharu gitu. Wafatnya hari jumat. Cepat. Mendadak. Didoakan ribuan orang....... Ciri-ciri khusnul khotimah banget kan. 

Aminn.. Semoga demikian.

Saya jadi inget, belum sempat ketemu Kak Cum (Well, nama asli beliau sebenarnya Muhammad Adi, tapi dalam interaksi dunia maya saya kerap manggil Kak Cum). Beliau sering banget nge-trip dan liburan ke Padang, yang mana sering saya goda kenapa enggak meet up. Kenapa nggak ketemuan. yahh. mungkin karena sibuk dengan pekerjaan, akhirnya nggak bisa bertemu :'( Sedih gitu. Beruntung banget teman-teman blogger lain yang sempat ketemu dan berteman baik di keseharian dengan beliau. Tapi meski belum pernah ketemu, kayaknya semua blogger sepakat deh, bahwa interaksi di dunia maya juga bikin kita saling ngerasa akrab banget. Semua sayang beliau. Semua senang bersahabat dengan beliau. Lalu saya mikir-mikir lagi.... ternyata ada banyak kelebihan dan kebaikan yang ada pada sosok Kak Cum yang bikin dia disayangi dan dikelilingi orang-orang baik lainnya, yang juga bikin beliau menjadi terkenal dimana-mana. Berikut saya rangkum beberapa hal yang HARUS kita para blogger pelajari dari sosok kak Cum...

1. Humble Celebrity
Iya, beliau rendah hati banget. Dengan kepopuleran yang segitu tinggi dan job yang segitu banyak, beliau enggak pernah memiliki kesan tinggi atau sombong. Semua blogger dari yang personal sampai yang bisnis, dari yang punya banyak pengunjung sampai yang belum ada pengunjung, disamaratakan. Sama baik nya, enggak pilih-pilih. Semoga kita dan saya pribadi bisa belajar untuk meniru kerendahan hati beliau ya.. amin.

2. Friendly Friend
Kak Cum emang terkenal ramah banget. Bahkan sama yang belum dikenal juga, bisa langsung ngomong dan ebcanda kayak sama sahabatnya yang udah kenal lama. Jujur saya juga kenal beliau juga belum terlalu lama, baru berapa tahun. Tapi entah kenapa udah bisa ngobrol ngalor ngidul kayak kenal dari sejak kecil. Selalu. Enggak pernah rasanya beliau nggak ramah. Semoga kita dan saya pribadi bisa belajar untuk meniru keramahan beliau ya.. amin

3. Kind-Hearted Male
Baik hati juga salah satu karakter nya Kak Cum kan ya. Baikkk banget. Enggak pernah deh, kayaknya beliau menunjukkan kesan jutek atau kesal dll. Semua komentar (yang beratur-ratur) yang masuk di blog nya aja dibalesin semuaa dengan kata-kata yang nyenengin hati. Kalau ngomen di blog orang lain pun sepengetahuan saya juga selalu dengan komen yang menyenangkan hati.

4. King of Blogwalking
Ini juga pasti kita semua setuju ya. Sebagai seorang blogger terkenal, beliau rajin banget blogwalkingnya. Kemana-mana, tanpa pandang bulu, tanpa peduli tu orang pernah blogwalking balik atau enggak. Kemudian komen-komen di setiap blogwalkingnya juga enggak sekedar haha hihi yang numpang lewat doang, tapi bener-bener sesuai sama artikel yang dikomentari. Saya aja smepat mikir, apa beliau nggak capek ya... baca ratusan artikel demi ninggalin ratusan komen di setiap ratusan momen blogwalking nya? Saya sendiri yang rasanya masih blogger butiran debu begini aja ngaku sulit blogwalking. Blogwalking sih, tapi kadang-kadang telat, itu juga belum sanggup banyak-banyak karena sibuk sama kuliah dan tugas dan kerjaan. Sekedar blogwalking balasan dari blogger-blogger yang ngomen di blog saya doang. Semoga kita dan saya pribadi bisa belajar untuk meniru cara blogwalking beliau ya.. amin

5. Fun Person
Asli orangnya seruuuu. Walaupun enggak pernah ketemu langsung, tapi baca dari postingan-postingan serta updatean-updatean sosmed serta sesi berbalas komen yang kita rasakan selama ini bisa terasa kalau beliau orang yang nyenengin. Pasti asik buat ngobrol, buat hangout, buat jalan-jalan... sedihnya belum bisa ngerasain langsung :'(

6. Funny Figure
Nggak perlu dipertanyakan lagi deh, beliau adalah orang yang lucu banget. Saya yakin pasti nnggak pernah rasanya sekalipun diantara kita ada yng minimal nggak senyum kalau baca tulisan-tulisan dan komen-komen Kak Cum. Salah satu blogger paling lucu yang pernah kita kenal ya...

7. Wise Man
Mungkin nggak begitu banyak terasa karena selalu berada pada sosok lucu dan anti pencitraan nya. Tapi beliau sering ngetweet dan berkomentar yang membangun.. nasehat yang pas banget.. Bisa serius walaupun diselingi becandaan dan lelucon ringan.
8. Creative Pal
Sekali lihat juga orang yang nggak kenal juga bisa tahu kalau beliau orang yang kreatif banget. dari cara nulis nya... dari hiasan font di artikel-artikelnya.. dari editan gambar-gambarnya... Yang bikin Kak Cum punya ciri dan kharakter blogger yang unik dan nggak ada yang nyamain dan Iconic banget dan yang bikin doi jadi salah satu blogger terkenal dan berpengaruh di Indonesia.

9. As He Is
Ini yang juga saya salut dari beliau. Bangga menjadi diri sendiri. Apa adanya. Mungkin, bila kita seterkenal dan sehebat Kak Cum, kita udah pencitraan habis-habisan. Biar nggak pernah dianggap konyol.. nggak pernah diremehin.. nggak pernah diangap amatir. Tapi Kak Cum dengan kesederhanaannya ternyata bisa terkenal dan jadi hebat gitu. Saluut saluut..

10. Religious Human
Poin yang ini saya enggak begitu tau dan ngerasa sih. Soalnya belum pernah ketemu langsung. Kalau buka blog dan sosmednya, mungkin kita kurang percaya beliau orang yang agamis. Tapi pas saya baca-baca di twitter, Wow. Walaupun terkenal sebagai blogger yang sering berpose mengenakan kancut doang, ternyata Kak Cum orang yang soleh banget. Denger-denger dari tweet dari blogger-blogger lain yang udah kenal betul, Kak Cum sering puasa sunah, sholat malam, dzikir dan ngaji di banyak kesempatan, dan lain-lain semacam itu. Dan itu berkesan banget dari dirinya. See, even the funniest blogger and the most ridiculous writer and maybe the busiest blogger ever, never forget God. Semoga kita dan saya pribadi bisa belajar untuk meniru ibadah beliau ya.. amin.

Mungkin sekian yang bisa saya tuliskan. Saya yakin, teman-teman di sini punya lebih banyak pengalaman yang bisa dipelajari dari beliau. Bisa share juga ya..

Sekali lagi saya turut berduka cita atas kepulangan beliau. Mari sama-sama kita doakan semua yang terbaik untuk beliau ya.. Amin.

Goodbye, Kak Cum..
Goodbye the legend.. 
You will always inspire us...
You will always be remembered... 

:'(
 
------
P.S.
------
This post is dedicated to the one and only, Almarhum Kak Adi of Cumilebay.com with good intentions, to spread the inspiration of his self to everyone who read.  
Dear, bloggers. Dear, everyone. If you guys read this post, let's pray and send Al-fathihah for him. We hope God bless him. Ameen.

22 comments:

  1. Auuuuuullll..

    Sumpah aku baca ini jadi mewek lagi. Kangen Bang Cumiii.. Pengen bikin postingan tentang beliau, tapi aku gak kuat. Huhuhu 😭😭😭

    Cumak bisa kirim Al-Fatihah dan Yasin. Baik-baik traveling di Surga ya, Bang Cumiku sayaaaang :')

    ReplyDelete
  2. Semoga bang cumi tenang di alam sana. Aku dapat kabar ini dimana dihari itu tepat bang cumi meninggal. Aku lihat dari post salah satu teman di IG. Dia scrensot blognya dan di upload. Aku kaget karena familian banget dengan tampilan blognya itu..

    Awalnya gak percaya, aku disuruh untuk cek fbnya, dan ternyata banyak sekali ucapan atas meniggalanya bang cumi. Dari berbagai blogger di indonesia.

    Jujur, aku juga sama ngerasain hal yang mas Aul rasakan. Rasanya dekat dan serasa udah akrab aja. Benar, sering sekali blogwalking di blogku juga. Ya mskpun belum pernah ketemu sama sekali. Aku bisa banyak belajar dari beliau.

    Semoga tenang di surgaNya dan keluarga yang ditinggalkan bisa tabah..aamiin..

    ReplyDelete
  3. Amin. Moga husnul khotimah yaa mas cumiii.
    Aku cuma pernah sekali doang senggolan di twitter..
    Ramah yaa orangnya ul �� tmn2 blogger sangat kehilangan bgt. Insya Allah perjalanan berujung surgaa

    ReplyDelete
  4. Innalillahi wainnalillahi rooji'uun
    Semoga beliau dilapangkang kuburannya u.u

    ReplyDelete
  5. Aku pengen banget kayak bang CUmi punya yang selalu Bangga menjadi diri sendiri dan Apa adanya.
    sampe sekarang aku masih belum PD dan masih pencitraan :(

    ReplyDelete
  6. Innalilahi wa innalilahi rojiun.
    turut berduka cita kawan

    ReplyDelete
  7. nggak kenal sama beliau sih but hope he done well, people says he's truly a good person

    ReplyDelete

Thanks for dropping by!
Leave some comments here if you want. Use your gmail or blogger or google account to comment. If you do not have one, choose Name/URL.

For private comments or questions just shot me email to Aulhowler@yahoo.com

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...