November 24, 2017

Mampir ke Festival Pengabdian Masyarakat di Balairung UI Lalu Dikasih Bioplastic!


Hello muggles! Beberapa waktu yang lalu saya secara enggak sengaja terjebak di kampus karena hujan. Udah ditunggu beberapa waktu, hujannya nggak reda-reda juga. Saya, yang kebetulan waktu itu lagi sama dua orang senior kemudian berteduh di Balairung UI, nggak jauh dari fakultas saya. Dan ternyata ada acara, guys. Kami awalnya cuman berteduh, terus salah satu senior saya iseng nyuruh tanyain ke meja registrasi apa acaranya terbuka untuk umum atau cuma undangan tertentu aja. dan ternyata terbuka untuk umum. Jadilah daripada berteduh di luar, akhirnya kami masuk ke dalam tanpa tahu acaranya apaan. Hahahahaha. Gokil banget kan XD


Foto tergagal. Ada yang lewat gangguin hahaha
Iya, saya pake sendal doang masuk ke event orang hahaha

Lagi sesi Talkshow

Jadi ternyata itu adalah festival Pengabdian Masyrakat yang diikuti oleh berbagai instansi baik dalam maupun luar UI untuk memamerkan bentuk kepedulian dan pengabdian masyarakat apa aja yang udah mereka lakukan. Semacam meningkatkan citra perusahaan, meningkatkan imej baik dan membangun link serta reputasi instansi gitu deh. Jadi ada banyak banget sebenernya booth-booth menarik, yang mana saya lupa foto karena batrai lagi low banget, hanya sempat foto beberapa. (Pelajaran Hidup : Kalau kamu seorang Blogger, jangan pernah lupa bawa Power Bank kemana-mana ya!)


Kemudian karena saya adalah mahasiswa jurusan Magister Ilmu kesehatan Lingkungan, saya lumayan tertarik untuk mampir ke salah satu Booth yang memamerkan usaha peduli lingkungan mereka dengan minimalisasi limbah. Jadi salah satu produk unggulan yang dipamerin di booth ini adalah BIOPLASTIC, plastik kayak kantong kresek yang terbuat dari bahan alami yaitu jaringan tumbuh-tumbuhan. Jadi kalau produk mereka ini berhasil, kedepannya maybe semua kantong plastik dan kantong kresek bakal diganti sama bioplastic ini. Seperti yang kita tau kan, kalau kantong plastik biasa dan kantong kresek biasa itu kalau udah jadi sampah dan dibuang nggak akan terurai / hancur dalam tanah setelah beratus-ratus tahun. Kebayang dong kalau setiap hari ada jutaan lembar kantong kresek yang dibuang ke tempat sampah dan dikubur ke dalam tanah? Nah, Bioplastic ini mungkin bisa jadi salah satu solusinya.

Sampel Bioplastik yang berwujud kantong kresek alami

Kelebihan kantong kresek dari bioplastik ini adalah bahan nya lembut dan lentur banget, terus wangi tumbuhan, terus lebih ringan. Dan yang paling mencengangkan itu adalah, kantong kresek ini jika dibuang dan masuk ke dalam tanah, akan lenyap dalam hitungan bulan! Bahkan kalau mau dihilangkan sendiri, kantong ini tinggal dimasukin ke dalam air hangat, dan AKAN LARUT SENDIRI BERSAMA AIR. Keren banget yaaa inovasinya!

Saya kemudian jadi tertarik banget dan jadi banyak nanya-nanya dan ngobrol seru sama petugas-petugas yang jaga booth tersebut. Lalu TADAAA!! Saya dikasih sampelnya! hahahhahaha #Senangnya. Bahkan saya juga dikasih sepaket media tanah bercampur pupuk / starter buat gardening. Yeeaah! Walaupun cuman tanah, tapi namanya gratisan dikasih orang itu tetep bikin seneng loh hahahahhaha

Lucky me
Terima kasih mas-mas bioplastic!

Enaknya saya tanamin apa ya?

Well, kebetulan banget sih, karena saya anak kosan, jadi saya enggak punya kesempatan buat nyalurin kesukaan saya buat gardening kayak di rumah. Takut bikin kotor. Tapi setelah dapat paketan ini saya jadi kepikiran buat nanam sesuatu di pot-pot kecil aja, jadi bisa ditaruh di beranda kamar kosan atau di dekat jendela yekan. Wkwkwkw. Sementara ini saya kepikiran mau beli kaktus mini aja yang lucu-lucu dan nggak susah dirawat itu. atau teman-teman barangkali punya ide lain ini starter pack nya mau saya tanamin apa?

See you in the next post!

16 comments:

  1. Tanam kaktus kecil-kecil aja dad yang gak makan tempat :)

    ReplyDelete
  2. waa warna plastiknya lucu ya, ada tosca tosca nya :D

    ReplyDelete
  3. Menanam singkong sounds good bang. Bisa jadi pengganti nasi. Membuktikan Indonesia itu hebat karena batang kayu aja bisa tumbuh.

    ReplyDelete
  4. pakek sendal aja dah kece kok ul!

    btw, kalau pake air hangat aja meleleh. berarti ga bisa di pake buat bawa yang panas2 dong semacem baso?

    di tanemin sawi aja ul, mayan buat makan indomie :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkkw

      Nggak bisaa
      Bakso diplastikin juga udah salah sih. Kimia semua nanti yg kemakan :/

      Noted*
      Thanks Shaa

      Delete
  5. Plastiknya lucu, sama kayak inovasinya Avani Bioplastic ya. Kalo seandainya dikomersil atau dijual bebas, dijamin pasti starter company seperti ini bisa menang banyak

    ReplyDelete
  6. Tanamin gebetan, Ul!

    Ahahahahaha XD

    Btw ini emang program yang sempat santer di beberapa kalangan akademia kampus negeri di Indonesia juga sih. Kayaknya akan jadi terobosan baru untuk kresek-kresek konvensional ke depannya :)

    ReplyDelete
  7. Tanamin tanaman bumbu2, rul.

    Mayan buat di kosan masak2 gitu. Eh lo ngekos ga sih?

    Selaku anak kos yg rajin eksperimen masak dan gagal, gw mah mending nanam bumbu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kan maksudnya di kos
      Gimana itu caranya gak ada lahan 0)0

      Delete
  8. tanemin moonstera si tanaman hits mungkin? :D

    ReplyDelete

Thanks for dropping by!
Leave some comments here if you want. Use your gmail or blogger or google account to comment. If you do not have one, choose Name/URL.

For private comments or questions just shot me email to Aulhowler@yahoo.com

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...