October 23, 2010

'Dangdut Is The Music Of My Country' Dan Awards

Aslm.

Hi everyone! 
     Long time no see! Setelah beberapa hari saya nggak ngepost sesuatu. Nah, sekarang saya mau nge-post artikel yang Alhamdulillah dimuat di koran Singgalang, edisi Rabu, 20 Oktober 2010 kemarin. Judulnya
"Dangdut Is The Music Of My Country".

Dancing cat Pictures, Images and Photos
     Tak bisa disangkal, globalisasi memberikan efek yang sangat kuat bagi bangsa indonesia. Kemajuan teknologi yang begitu pesat di era modern mendukung pengaruh bangsa-bangsa lain mendesak kebudayaan asli nusantara, hingga perlahan mulai langka. Salah satunya adalah musik.
     Saat ini, kita bisa mendengarkan musik dimana saja dan kapan saja. Baik di TV, radio, music player bahkan di handphone. Tanpa kita sadari, musik-musik yang sekarang ini kita dengarkan bukanlah musik dangdut yang merupakan musik asli indonesia. Musik yang populer seperti pop, rock, jazz, hip-hop dan sebagainya ternyata adalah musik-musik yang berasal dari kesenian bangsa lain.

Dancing Kitties Pictures, Images and Photos
     Bisa kita lihat, media massa zaman sekarang sangat canggih. Internet misalnya. Melalui internet, kita bisa mendapatkan lagu-lagu dari berbagai negara di seluruh dunia. Dengan akses yang sangat mudah, kita bisa mendownloadnya secara gratis di ratusan situs yang menyediakannya. Dengan segala kemudahan inilah, akhirnya lagu-lagu dari bangsa lain merajalela, dan lagu-lagu dangdut yang merupakan identitas asli musik indonesia mulai tersingkir.
     Penikmat musik indonesia saat ini, tidak lagi menyukai musik dangdut dengan alasan dangdut sudah kuno dan ketinggalan zaman. Orang yang menyukai dangdut menurut mereka adalah orang-orang yang kolot, yang sudah berumur atau yang telah ubanan. Penikmat musik zaman sekarang yang mayoritas adalah remaja dan anak-anak cenderung lebih memilih musik pop, rock, jazz, hip-hop dan sebagainya dengan alasan lebih modern, lebih gaul dan lebih keren.
     Sebagai warga negara indonesia yang baik, seharusnya kita mencintai apa yang menjadi milik kita sendiri. Dan dewasa ini, perkembangan dangdut sebagai musik asli indonesia boleh dibilang cukup memprihatinkan. Mengingat sudah langkanya dangdut terdengar.
dancing cat Pictures, Images and Photos
     Agaknya, musisi-musisi indonesia juga menyadari kelangkaan dangdut di dunia permusikan indonesia. Mereka yang peduli lantas menyisipkan dangdut dalam lagu-lagu andalan mereka, dengan harapan dangdut akan kembali populer di kalangan pendengarnya. Memang, cara ini cukup baik. Penikmat musik yang mencintai karya-karya idolanya menyukai lagu dengan sisipan dangdut tersebut. Tapi sayangnya cara ini masih kurang ampuh, karena tak bertahan lama. Buktinya, mayoritas penikmat musik kembali beralih saat ada lagu-lagu baru dengan musik yang lebih keren.
     Namun demikian, musik dangdut masih bisa diremajakan kembali keberadaannya. Banyak penggemar dangdut yang mulai memperdengarkan lagu-lagu dangdut dimana-mana. Penyanyi-penyanyi dangdut baru mulai bermunculan, membawakan lagu-lagu dangdut dengan sentuhan modern. Bahkan, hingga saat ini masih ada stasiun televisi swasta yang mempertahankan predikatnya sebagai pelopor musik dangdut dengan menayangkan program-program musik dangdut serta kontes-kontes menyanyi dangdut. Semoga saja, dengan usaha keras musik dangdut sebagai musik asli indonesia bisa terjaga kelestariannya dan tetap berjaya di belantika musik nusantara.

Nah...
Demikianlah artikel yg saya tulis kemarin. Sok tahu banget kan...? (hehe)

Oh ya, dapat award nih, dari Bang Yoga "Gaphe" yang merayakan postingannya yang ke-100. Selamat ya Bang!!
Berhubung nggak ada permintaan di share lagi ke yang lain, jadinya award ini putus di sini aja. Maaf ya! Bagi yang mau, datang aja ke blog beliau, siapa tahu dapet juga:)

See you in the next story!

With a cup of tea and biscuits,
~AuL~

25 comments:

  1. @ Annisa:

    Trims nisaa...
    Hehe...

    ReplyDelete
  2. duh.. baca artikelnya aku jadi merasa bersalah..
    jujur aja aku nonsense sma musik dangdut =="
    Tapi aku mengakui kok dangdut adalah ciri khas indo.. dan tentu sja tidak melecehkan penikmat musiknya..

    Btw, aku ada dngar dari guru ksenian ku loh bang.. kalo sebenarnya dangdut itu bkn musik asli kita, krn di adaptasi dari musik india gtu.. kta guru ku musik asli indo tuh melayu..

    Jadi mana yang betul?

    ReplyDelete
  3. artikelnya aul doyan masuk koran ya? ;p
    aku sih setuju aja, tapi menurutku pribadi aku emg ga suka dangdutt,
    rada2 gemanaa gittuu., hehe
    kalo aul sndri gmn?
    btw, kucingnya lucuu! XD

    ReplyDelete
  4. hem, iya bener bang, zaman sekarang mah orang-orang mulai kurang suka atau meninggalkan yg namanya musik dangdut, well mo gimana lagi? sama kaya saya sih, saya juga ga suka malah bisa dibilang anti sama dangdut.
    tapi walopun gitu,saya berharap dangdut akan terus di lestarikan di dunia permusikan nusantara.

    ReplyDelete
  5. @ Emperor Dragon:

    Wah, sebenarnya gimana pastinya bang Aul kurang tau juga...
    Coz bang Aul kan bukan ahli atau pakarnya. Sepengetahuan bang Aul sih gitu.

    Mari berteori:
    Menurut bang Aul di indonesialah dangdut itu dipopulerkan. Sedangkan india hanya bertindak sebgai tempat asalnya aja. ceritanya kan dulu pedagang india itu banyak ke indonesia...

    Kalau kita lihat juga, sekarang di india kayaknya musik yang sering dimainkan bukan dangdut. Tapi musik yang lain (bang Aul gak tau namanya apa). sekilas emang mirip sama dangdut indonesia, tapi kalo disimak baik2 beda banget... buat perbandingan denger aja lagu2 india, dan lagu2 dangdut di TV2 kita. Beda banget kann...?

    Well, tu hanya teori. Bang Aul mengambil posisi sebagai penikmat aja, bukan ahli atau pakar yang emang tau kebenarannya. jadinya kalo banyak kekeliruan wajar sih. hehe...
    (maunya)

    Nah, buat pembaca yang merasa punya bahan yang benar silahkan pasang di sini. Lumayan kan, buat pencerahan...
    :)
    Trims

    ReplyDelete
  6. @ Death_a:

    Hehe...
    Bo'ong banget kalau Aul bilang Aul suka dangdut. Faktanya di komputer, di Mp4 player sama di handphone hampir gak aa lagu dangdutt,...
    Hehe...
    Tapi bukannya nggak suka lho. Boleh dibilang, biasa aja. Suka bukan benci bukan. Kalo ada yang muter lagunya, Aul cukup menikmati kok..
    hehe...

    ReplyDelete
  7. @ Chacan:

    Yup, betul banget.
    Walaupun boleh dibilang kita ini bukan penggemarnya, kita nggak boleh mengabaikannya. Kita harus tetap ikut menjaganya. Contoh hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah, dengan tidak mencela.
    Percaya atau tidak, dampaknya akan sangat besar apabila banyak yang ikut melakukannya...

    (saya itu sok tahu... :3 )

    ReplyDelete
  8. Siank Aul..... maf bgt nie baru bisa kesini hhe.... :)

    setelah baca dari awal sampe abiz ternyata emank kayanya tulisan yg layak masuk koran tuh hhe... untuk awardnya sama aku juga dapet tapi blum dipajang hhe.... tgu waktu yg pas dlu wkwkw...

    Oiya, ikutan Blogvaganzanya Detik gak? lumayan tuh dapet iPad klo menang aku udah ikutan hhe... tema postingannya internet sehat klo gak salah..... coba deh cari di detik.com hhe....

    kan kamu jago tuh nulisnya hhe.....

    ReplyDelete
  9. Kalo menurutku dangdut tetep keren, tetep enak di dengerin apalagi buat goyang? hehe..
    musik dangdut memiliki irama tersendiri yang membuat penggemarnya tetep suka.
    Bali Villas Bali Villa Villas in Bali

    ReplyDelete
  10. @ Bang Ferd:

    Trims infonya bang Ferd...
    You're amazing!

    ReplyDelete
  11. @ Secangkir teh:

    LOL.
    Suka kucing bang?

    ReplyDelete
  12. @ Bang Arif:

    Heheh.
    Bukan aul yang nyanyi ko...
    :)

    ReplyDelete
  13. Hahahah! keep exist dangdut! wakak
    judulnya kayak lagu project pop!
    bagus! :D

    ReplyDelete
  14. cortel.. kemarin sakit..

    hoo.. iya juga sih..
    tapi kadang saya suka kesel loh bang sama org2 yg salah kaprah dengan musik dangdut..
    Soalnya aku kn penggemar musik2 remix gitu kayak techno, electro, house, trance, dll..
    mereka yang awam bilang itu musik dangdut.. karena lagu misalnya cinta 1 malam ato keong racun iramanya aga mirip begituan.. =="
    ato mereka kalo denger lagu remix akan bilang "ah! ini kn lagu yg d angkot2 itu!"
    ga enak deh dengernya =="

    Bagiku yg disebut dangdut tuh yg dinyanyiin ridho dan roma irama.. haha ^^v

    Tapi yah selama tidak menjelekkan aliran musik yang disuka antar org yang 1 dngan yg lain aku sih fine2 aja.. :)
    Musik kan universal.. :D

    ReplyDelete
  15. @ Puji-chan:

    Trims Puji-chan!!
    :)

    ReplyDelete
  16. @ Emperor Dragon:

    That's right...
    Musik itu universal...
    selera orang beda2...
    gak boleh saling merendahkan...

    :)

    ReplyDelete
  17. dangdut hanya tarian erotis yg pake baju super ketat dan seksi mengundang semua yg melihat dan mendengar nya nafsu aja.he..........

    Bali Prewedding Photography, Bali Photography, Bali Wedding

    ReplyDelete
  18. @ BAli Photography:

    Hehe...
    Nice comment!
    :)

    ReplyDelete
  19. Semua boleh bilang Dangdut itu Musik yg bagaimana gitu, tp faktanya orang2 luar yg masuk indonesia,trmsk Jepang dan Amrik Kepingin skali belajar lagu Dangdut, keroncong ,campursari dan ogah belajar lagu selain itu,kenapa..... karena mereka tahu bagaimana unik dan enaknya lagu itu... kenapa dia tahu lagu itu unik dan enak..... karena dia banyak keluar,jalan2,menikamati suasana hidup di luar, bukan hanya berdiam diri di rumah.
    Yg jelas mereka udah Pengalaman menilai sesuatu yg indah...

    ReplyDelete
  20. Hem...sepertinya saya termasuk kaum yang disinggung di artikel ini, wkwkwk...... XP

    yah, sejujurnya saya memang gak suka musik dangdut sih. Bukan karena alasan kuno, dan lain sebagainya yang disebutkan di atas. Tapi, memang suara gendangnya, atau gak tahulah kalau semua alat itu di mix dan jadinya musik dangdut-bukan dangdut aja sih yang remix2, itu yang bikin gak enak di perut saya. Apalagi dengernya pas lagi di kendaraan atau pas lagi gak enak badan. Pasti jadinya mual gak keruan, mending tidur dah kalo kayak gitu.

    Dan, mungkin juga liriknya yang kebanyakan kurang "dalam",menurut saya, jadi makin kurang tertarik untuk menyukai, itu aja sih.

    ReplyDelete

Thanks for dropping by!
Leave some comments here if you want. Use your gmail or blogger or google account to comment. If you do not have one, choose Name/URL.

For private comments or questions just shot me email to Aulhowler@yahoo.com

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...