Mei 07, 2019

Balada Pinjam Meminjam di Masa Awal Kerja



Hello Muggles! How are you? I'm fine, and in a good mood hehe. Saya baru aja dapat kabar bahwa Alhamdulillah pengumuman penugasan PNS dosen serta SK untuk saya jadinya rilis bulan Juni! Hehe. Mohon doanya semoga lancar yaaa. Tapi dunia emang nggak selamanya selalu yang seneng-seneng, mesti ada nggak senengnya biar balance wkwk. Jadi, kabar yang agak kurang senengnya adalah: bahwa ternyata kinerja tidak resmi yang saya jalani selama tiga bulan ini kemungkinan besar nggak masuk hitungan di penggajian CPNS. Yang mana itu berarti saya kerja sukarelaaa, hiks hiks. Padahal saya terpaksa pake uang pinjaman untuk mengakali kebutuhan sehari-hari. Diganti pake apa nih? Wkwkwkwk. Yahh, walaupun minjem nya ke ortu sih. Jadi nggak pernah ditagih juga hehehe. #DikeplakPemirsa

Orang tua saya sih bilang, "Udah, nggak apa-apa. Nanti akan ada aja jalannya biar yang dikerjain itu nggak sia-sia". Hmmm.. Ya iya juga sih. Minimal kan saya dapat banyak pengalaman. Plus, udah akrab duluan sama orang-orang se-gedung walaupun belum resmi masuk. Plus lagi, kan saya udah dikasih posisi etap sebagai PNS, jadi sampai tua udah terjamin ("Akhirnya yaah, tidak bimbang lagi" -Pake suara adeknya si nopal-). Tapi nggak tau juga ya, tetap aja rada-rada agak nyesek gitu. Tapi gapapa juga sih, hitung-hitung mengabdi pada negri. Tapi kan saya nggak mungkin ngandelin orangtua terus untuk jajan, wong udah seperempat abad begini. Tapi.. Tapi.. Tapi.. Ah, yasudah lah. Semoga banyak hikmahnya wkwk.

Baru sejak lulus S2 september lalu sih, saya jadi belajar banget manajemen keuangan. Bagaimana pemasukan saya yang belum bisa dibilang banyak (Kerja freelance sama dosbing, ditambah pemasukan dari blog dan instagram) bisa dicukup-cukupin buat ongkos dan jajan sampai masa gajian dan pencarian invoice berikutnya. Jadinya mesti serba mikir setiap mau mecahin uang 50-an. Mau beli makan apa-apa juga mesti mikir dulu, ngebanding-bandingin sama opsi makanan lain yang juga enak tapi bisa lebih murah. Aduh aduh banget kan wkwk. Padahal waktu masih dijatah orang tua pas masih kuliah, saya anaknya boros dan hobi makan di mall wkwkwkw.

Dunia terasa kejam waktu kita lagi pengen bermewah-mewahan tapi dompet nya berbisik "Nggak usah dulu Aul, simpan dulu buat makan seminggu kedepan". Hihihi

Teman-teman pasti pada ngalamin juga ya, di awal-awal kerja?

Menghemat dan menabung sebenarnya udah bisa sih menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan sebatas jajan pas-pasan atau gaji biasa gitu sih. Tapi itu untuk pengeluaran harian yang memang bisa ditahan dan dikontrol memang.

Lalu bagaimana dengan pengeluaran tak terencana yang jumlahnya lumayan banyak?

Misal, tiba-tiba kita harus memperbaiki rumah?
Atau membeli peralatan dapur baru?
Atau melunasi cicilan motor dan mobil?

Cara paling cepat, ya dengan meminjam.

Nah, salah satunya bisa dengan memilih pinjaman KTA yang aman.

 
Apa sih Pinjaman KTA?
Pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan) adalah pinjaman perorangan yang bisa diperoleh dari Bank atau lembaga keuangan lainnya kepada orang yang memenuhi syarat, tanpa ada agunan atau jaminan. Jadi kan biasanya kalau kita meminjam uang dalam nominal yang lumayan besar, harus ada jaminannya kan. Nah, yang ini enggak, gitu hehe. Dalam hal ini, saya merekomendasikan teman-teman untuk memanfaatkan website cekaja.com sebagai perantaranya.

Kenapa Harus di CekAja.com?
Karena Cekaja.com memberikan kemudahan buat teman-teman agar bisa membanding-bandingkan dan memilih pinjaman KTA yang aman, yang lebih mudah syaratnya, yang lebih terpercaya, dan lain-lain. Daripada membuka profil penyedia pinjaman satu-satu yekan, PR banget wkwk.

Kenapa Nggak Meminjam Ke Teman atau Saudara Aja Sih?
Ribet Bosqu. Saya sendiri juga salah satu orang yang berusaha banget biar nggak minjam uang kepada teman atau saudara. Soalnya pernah kejadian, dimana bayarnya agak telat dari perjanjian, dan itu jadinya ribet banget. Endingnya bikin kami jadi nggak enakan lumayan lama hihi. Beberapa orang bahkan bisa jadi saling membenci, lho, gara-gara masalah pinjam-meminnjam itu doang. Pokoknya bisa merusak hubungan gitu deh kalo ngutang ke teman atau saudara. Jadi saya sih menyarankan agar teman-teman lebih memilih pinjaman KTA yang aman daripada meminjam ke orang lain. 

Emangnya Cuma Ada Pinjaman Aja Ya?
di Cekaja.com Ada banyak fitur dan fasilitas yang bisa membantu teman-teman mengatasi berbagai permasalahan finansial. Selain beragam Pinjaman dan Kredit, juga ada berbagai asuransi yang bisa teman-teman manfaatkan bila telah mendaftar dan melengkapi persyaratannya. Teman-teman juga bisa melakukan investasi untuk jangka waktu tertentu, bila teman-teman tertarik. Bahkan, yang punya Usaha Kecil Menengah (UKM) juga bisa mendapatkan pinjaman khusus, lho. Berikut beberapa pilihannya :

Membantu banget, ya? Jadi ini bisa menjadi solusi alternatih yang teman-teman pertimbangkan nih, kalau misalnya mendadak butuh dana yang enggak sedikit. Sementara di dompet atau ATM lagi nggak ada lebih segitu, lantaran udah lebih dulu digunakan untuk anggaran kebutuhan harian dan kebutuhan lainnya.

Nah, kalau tertarik, teman-teman bisa cari tahu informasi lebih lanjut dengan langsung aja mengunjungi situsnya di https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan

64 komentar:

  1. Aku paling nggak mau minjem pake sistem KTA hehe nggak tau kenapa pokok nya jangan sampai deh
    Tapi bener awal awal kerja nggak usah terburu buru pingin ini itu sebaiknya menabung dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang untuk peminjaman gede aja sih cocoknya, kalau jumlahnya kecil mungkin minjem orangua dulu aja kayak aku hihihi

      Hapus
  2. paling enak sih emang pinjem sama orang tua wkwkwk :D.. tapi aku setuju banget, pinjem meminjem dengan temen itu kadang bikin hubungan jadi gak baik, bayar telat atau gak sesue perjanjian

    BalasHapus
  3. wah jadi inget sama temen ane yang pinjam uang ane sudah hampir 4 tahun nggak ada kabar nya wkwkwk :D Memang kalau urusan sama duit ini cukup kompleks ya gan, dan bisa menimbulkan efek persahabatan juga kayaknya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAH KAN! HAHAHHA

      Iya makanya onlen aja udahh

      Hapus
  4. Lho mas, biasanya CPNS memang tiga bulan pertama nggak digaji tapi nanti akan dirapel di bulan keempat. Coba tanyakan lagi ke bagian kepegawaiannya ya. Jadi kalau dulu modal hidup saya ya pinjam ke ortu, nanti setelah dirapel baru diganti. Tapi sabar aja, ntar kalau sudah PNS kan bisa menikmati gaji pokok dan tunjangan setiap bulannya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, setau saya juga bakalan dirapel, kalau disaya ga dapat gaji full, cuma 800k/bulan (status CCPNS), nanti sisanya bakalan dirapel pas diangkat jadi CPNS.

      tapi kalau pun memang sama sekali ga ada, ya udah deh hitung-hitung mengabdi untuk negeri, wahha

      Hapus
    2. Dulu sih emang begituuuu
      Katanya skrg enggak lagi mbak :(

      Amn aja deh

      Hapus
    3. @Blogsabda :

      Haha iya mas, mengabdi pada negri banget inimah. Semoga berkah. Amiinn

      Hapus
  5. KTA? Ogah bangettt

    Untung gw ngepet, jadi banyak duit, wkwkwkwk

    BalasHapus
  6. jujur sampai sekarang belum pernah coba pinjam meminjam seperti ini, katanya ada bodyguaranya loh, kalau telat bayar bisa dilempari sama barbel,..ha-ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakkakaaka, Kuanyu ini makin lama makin lucu aja wkwwk

      Hapus
    2. @ Ko Kuanyu: Kalo utang ya harus dibayar sesuai perjanjian, kalo udah berani ga bayar jangan takut resiko...=D

      Hapus
    3. @Kuanyu : Kalau bisa ngga minjam kemana-mana mah bagus hihihi

      Ini kalo terdesak dan emang ngga ada pilihan lan aja mas. Daripada jual ginjal yekan wkwkw

      Hapus
    4. @Mbak Rey : Haha iyaa bisa nih ikutan standup comedy wkwk

      Hapus
    5. @LMH : Haha iya. Makana bikin janji balikinnya lama lama aja biar ngga kepepet ya mbak hihi

      Hapus
  7. Belum pernah nyoba sih. Tapi melihat fitur yang ditawarkan, boleh juga dicoba..

    BalasHapus
  8. Sudah sering banget baca review tentang cekaja ini, boleh dipertimbangkan banget nih kalau butuh :)

    betewe selamat yaaa, yang mau resmi masuk jadi PNS, gapapa 3 bulan mengabdi, meskipun dengar2, pasti di bayar kok, saya sering dengar orang2 PNS nyebutnya 'dana kekurangan'

    BalasHapus
  9. Selamat bro untuk PNS nya

    BalasHapus
  10. Whoa, lagi mengalami masa-masa hemat abis kayak pake ikat pinggang! Tapi kalo untuk urusan pinjam meminjam, kayaknya harus disesuain sama prioritas yang darurat sih. Cukup membantu :))

    BalasHapus
  11. Jadi inget kejadian dlu yg bikin gue agak wanti2 buat ngadepin orang yg mau mnjem uang.. soalnya dlu pas awal2 nerima gaji bulan ke tiga. Ada temen mnta tolong bayarin uang kuliah. Ehh smpe skrang gue nyoba ikhlasin aja.. skrang gue di blokir sama dia udh bertahun2 lamanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, kelewatan tu orang wkwkkw

      Mudah-mudahan segera dikasih ganti oleh Allah sama yang lebih ya mas

      Hapus
  12. Selamat buat CPNS-nya, nungguin prajab ya buat full PNS? Congratz deh..!!

    Baru tau kalo di cekaja,com ini banyak pilihan soal keuangan, kalo lagi perlu uang ada KTA, lagi banyak uang bisa invest, pengen aman masalah uang, ada asuransi...yang jelas masalah keuangan bisa diatasi...no worries!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you mbaak
      Amin aja deh hihi

      Yes indedd!

      Hapus
  13. Kalu bisa sebaiknya jangan meminjam ya kak, tapi kadang ekspektasi tak sesuai dengan apa yang ada sehingga ya maua bagaimana lagi. Tetep semangat kak tinggal sebulan lagi kan sudah juni hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, kalau bisa mah emang jangan minjam kemanapun
      Tapi kan kalau terdesak dadakan gitu solusinya cuma itu hihi

      DARIPADA JUAL GINJAL YEKAN :)))

      Hapus
  14. udah tua ternyata, 1/4 abad #sungkem.

    pgn minjem duit tapi duitku aja ga abis2, gimana dong? wkwkwk #sombong #duitmonopoli

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
  15. Selamat ya, Aul ...
    Bentar lagi memasuki masa PNS dosen gaul, eh# dosen baru maksudku ;)

    Ada baiknya, pinjam dana ke ortu saja buat cadangan sebelum resmi terima gaji masa kerja baru.

    Ngga usah minjem ke temen.
    Banyak cerita kejadian berujung ngga ngenakin soal pinjam meminjam uang ke temen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe Amiin

      Nah iyaa, mending ortu aja udah
      Atau pinjaman online aja kalau kepepet
      Gusah ke temen wkwkwk

      Hapus
  16. salam kunjungan dan follow sini ya :)

    BalasHapus
  17. ini yang memenya sempat rame, saat nagih yang minjamin malah kayak jadi pengemis hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya
      Yang ngutang malah kayak yang diutangin lebih galak wkwk

      Hapus
  18. Ak kalau minjam meminjam ke kayak gitu masih takut, hehe,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sih Mas

      Nyoba hal baru itu mendebarkan emmang wkwkw

      Hapus
  19. Dan pasti itu dikepala bakalan banyak wrackspurts karena pusing mikirin pendanaan hidup wkwkwkwk

    #muggles ga bakalan ngerti hahaha

    Yupst, saya juga pernah ngalamin. Awal2 kerja yg secara emg belum dapet gaji, ya terpaksa harus nyari dana buat hidup minimal buat sebulan sebelum gajian ... Dan solusi terbaik saya waktu dulu itu pinjem sama temen hahaha

    Soalnya belum akrab sama bank dan semacamnya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Potterhead!!!

      Nah kan wkwkwk
      Sama sihhh hihi

      Hapus
  20. Aamiin, ikut doain ya, Mas. Semoga lancar ya..
    Bener sih, Mas serasa selalu ada bisikan kalau lagi gak ada uang tapi keinginan banyak. Makannya harus bisa memilih mana kebutuhan dan keinginan :D

    Ke ortu mah aman, Mas. Kalau ke teman tapi bukan temen deket biasanya agak ribet sih kalau aku.

    Akhirnya main lagi kesini, setelah d.komporin posting sama, Mas Aul dan Teh Sha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiinn
      Thank you Mas Andi

      Welcome baackk

      Hapus
  21. Sudah dapat penempatan Aul? dimana?
    Ah ya PNS ini sempet disuruh ortu daftar bulak-balik tapi tidak kulakukan. Karena kemungkinan mutasi randomnya.
    Ya kan sama aja atuhlah masa resign kerjaan yg udah stabil di kota besar tapi malah masuk kerja yang harus mutasi entah dimana, apalagi kemungkinan keluar kota... terus kota kecil.
    bukan soal ada ga ada mall atau apa, toh aku gede di desa juga tapi susah akses kalau mau kemanamana itu... padahal ninggal suami.
    Udahlah rezeki mah darimana aja, toh juga sejak resign nggak pernah harus ngerepotin ortu soal financial. So far, I have an ability to finance myself. *lah kok curhat pigimane* hahaha
    lancar-lancar ya Aul!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku di Padang kok Kak hehe
      masih sekota ama ortu tapi naik kendaraan 1 jam-an

      hahahahhaha siaapppp bosqueee

      Amiiin
      Makasih Kak Nyinn

      Hapus
  22. adakah ini patuh syariah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. patut syariah maksudnya cam mane sister?

      Hapus
    2. maksudnya transaksi berlaku mengikut hukum syariah?

      Hapus
    3. Hoooo.
      Kalau transaksinya tergantung akad yg disepakati saja sister.
      Bila sanggup membayar ganti dalam jangka waktu perjanjian, tidak ada penambahan uang ganti.

      Namun bila terlambat membayar ganti dari perjanjian, otomatis akan menambah bayarannya.

      Bila ingin yg syar'i maka bayarlah tepat waktu

      Hapus
  23. hmmmm... makin smooth aje nih ngiklannya :D

    Cheers!
    Rizuna from A Well-dressed Nerd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah yah sesuatu :D

      Darimana aja kamoh

      Hapus
  24. Bener banget. Pinjam sama temen atau saudara, bisa jadi ribut. Beruntung sih aku ga pernah pinjam, selalu pinjamkan. Dan itu pun berakhir demgan ribut juga.

    Kalau tau ini, mungkin lebih baik mereka yang suka pinjam, disarankan ke cekaja.com ya...

    Oh iya, selamat ya sudah jadi Pns.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyaa
      Dan ribut gara-gra utang itu nggak enak banget kan

      Thank you mas

      Hapus
  25. Bener banget. Pinjam sama temen atau saudara, bisa jadi ribut. Beruntung sih aku ga pernah pinjam, selalu pinjamkan. Dan itu pun berakhir demgan ribut juga.

    Kalau tau ini, mungkin lebih baik mereka yang suka pinjam, disarankan ke cekaja.com ya...

    Oh iya, selamat ya sudah jadi Pns.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyaa
      Dan ribut gara-gra utang itu nggak enak banget kan

      Thank you mas

      Hapus
  26. Wow, ini bagus sih situsnya utk yg pekerja kantoran dengan fix income.
    Emang lebih enak sih pinjem dari jasa peminjaman seperti ini, jelas aturannya. Kalo telat ya tinggal bayar denda, makanya diusahakan untuk gak telat bayar. Kalo sama temen atau keluarga sendiri kan ada sebel-sebelan gitu... jadi bikin gak nyaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes it is

      Nggga sekedar nggak nyaman kan, tapi juga bisa jadi ribut wkwkwk

      Hapus
  27. Sekali lagi selamat ya Aul menjadi CPNS dosen.
    Pinjaman KTA tsb bukannya bunga nya tinggi? Karena kredit tanpa agunan? Wah ngeri pinjam dengan bunga tinggi. Mending pinjam orang tua ajs dech. Aman terkendali.. Hehehe

    BalasHapus
  28. dulu pas diterima kerj di bank asing yg skr ini, aku ttd surat pernyataan bahwa sesama staff GA BOLEH, HARAM HUKUMNYA minjem2 ama staff yg lain :D. itu ada di aturannya. yaa kalo ga ketahuan, ya sudahlah yaaa. tp kalo sampe trjadi keributan utang oiutang, dan Management tau, itu bakal kena WL dua-duanya. yg meminjam dan yg dipinjam
    . apalagi sbg staff bamk, sbnrnya perusahaanku ngasih 3 benefit pinjaman, pinjaman rumah, mobil dan ojnjaman untuk kebutuhan jk pendek. tapi memabg, hrs sudah minimal setahun kerja dulu. alhamdulillah ga prnh pke. krn ga suka ngutang aja. Awal2 kerja sih, krn blm nikah, blm ada tanggungan, gaji mah cukup banget utk sebulan. tp ya ituuuu, ga ada tabungan krn mikirnya foya2 terus hhaahahah. gaji abis di jajan tiap hari :D. baru setelah nikah mulai utk mikirin investasi :D.

    BalasHapus

Thanks for dropping by!
Leave some comments here if you want. Use your gmail or blogger or google account to comment. If you do not have one, choose Name/URL.

For private comments or questions just send me email to Aulhowler@yahoo.com

Thank you :)