Mei 14, 2019

Tips Menjaga Finansial Tetap Stabil di Bulan Ramadhan


Hello Muggles! Waah nggak terasa ya udah seminggu aja bulan Puasa. Padahal rasanya baru dua bulan lalu liburan lebaran berakhir yaaa? Wkwkwk. Mohon maaf lahir bathin ya guys! Dan selamat menjalankan ibadah puasa juga. Seperti yang sudah-sudah, di bulan ini akan banyak banget nih, pengeluaran terjadwal dan pengeluaran tak terduga. Sebagai orang yang belum punya pendapatan tetap (Insya Allah soon tetap, hehe. Makasih lho masukan-masukannya di postingan sebelum ini!), saya mulai-mulai mikir nih. Gimana yah, biar budget di dompet dan ATM saya cukup sampai lebaran? Kemudian saya tuliskan berbagai kemungkinan, sehingga lahirlah beberapa tips yang bisa saya dan teman-teman gunakan untuk menjaga keuangan agar tetap aman, damai dan sentosa selama bulan puasa hehehe. Cekidot!

1. Berani Bilang "Tidak"
Terutama pada ajakan-ajakan buka bersama di restoran/cafe. Percaya atau tidak, jumlah undangan buka bersama akan makin banyak seiring bertambahnya waktu, karena mengikuti pertambahan circle teman dan rekan kerja. Kebayang nggak sih, kalau kita harus ikut semua agenda buka bersama mulai dari Bukbar dengan teman-teman TK, SD, SMP, SMA, Kuliah, Magang, Kerja, Teman Komplek, Geng, Keluarga, Keluarga Pacar, Keluarga tetangga... Kalau sekali buka bersama aja ngabisin budget minimal Rp 50.000, kebayang nggak itu kalau dihadiri semua habis berapa? wkwkw. Itu baru buat buka ya, belum nanti dinner atau karaoke atau nonton sebagai lanjutannya. Aduuuhhh. Jadi sekali dua kali, kita harus berani menolak. Harus bisa diprioritaskan mana yang harus banget dihadiri, mana yang nggak terlalu, mana yang sama sekali nggak perlu.


2. Menahan Lapar Mata
Puasa nggak hanya mesti menahan haus, lapar dan hawa nafsu aja, guys. Lapar mata ternyata juga harus banget ditahan demi kesejahteraan isi dompet. Faktanya, saat orang berpuasa, maka segala minuman terbayang rasanya akan sangat menyegarkan untuk buka puasa. Semua makanan akan terbayang rasanya akan sangat enak bila dimakan setelah makan malam dan sahur. Semua barang-barang yang berlabel diskon rasanya akan sangat murah dan rugi kalau nggak segera diborong. NO! Beli seperlunya aja ya. Untuk buka dan makan, 1-3 menu saja sudah cukup. Untuk barang-barang, pastikan dulu teman-teman memang butuh atau nggak. Sepatu, misalnya. Kalau di rumah masih banyak dan masih bagus-bagus kenapa mesti beli lagi? 


3. Membuat Takjil dan Memasak Makan Malam Sendiri
Nah, karena kalau buka di luar atau makan di luar itu lumayan juga pengeluarannya, kenapa nggak dibikin sendiri aja? Malah bulan puasa ini bisa jadi momen-momen yang paling oke untuk praktekin bakat memasak kita nih. Tau nggak sih, kita bisa hemat 5 kali lipat lho, kalau menu-menu buka puasa dan makan malam selama bulan puasa bisa kita siapkan sendiri di rumah. Anggaplah sekali pergi buka bersama teman-teman ngabisin budget 100ribu, maka kalau bikin di rumah palingan 20 ribu doang udah dapet banyak, bisa sampe sahur malahhhh~

4. Ngabuburit murah Meriah
Yang terkadang juga mudah menyedot uang simpanan kita selama bulan puasa ternyata kegiatan ngabuburit atau menghabiskan waktu menjelang buka puasa. Anak-anak muda, sebagian besar pasti akan ramai di Mall atau taman bermain. Selain karena situasi sejuk dan tidak panas-nya tidak menimbulkan rasa haus dan lapar, juga karena ada banyak fasilitas/wahana yang dinikmati agar waktu tak terasa berlalu. Misalnya main berbagai game di Timezone, nonton film, shopping, main Ice Skating, dan lain-lain. Sekali-dua kali okelah ya, tapi kalau hampir tiap hari kan boros banget, guys. Nggak mungkin juga ke Mall muter-muter doang sampai waktu buka puasa, pasti ada aja yang dibeli, kan? wkwk. Nah, kita bisa menghemat anggaran kita dengan mencari alternatif ngabuburit lain yang lebih murah. Misalnya, kenapa nggak duduk-duduk bareng teman-teman di taman, mungkin? atau di pinggir danau? atau di Pantai? atau wifian gratis? Atau mungkin bisa main game bareng aja di rumah? Atau baca buku? Yang jelas, ada banyak sekali kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu. Pilih lah yang tidak menghabiskan uang.


5. Meningkatkan Ibadah Sunat
Selain puasa, ada banyak ibadah lain yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu. Daripada hura-hura atau bersenang-senang melulu yang cenderung ngabisin uang, pastinya bakal lebih bermanfaat juga kalau kita meningkatkan ibadah. Udah lah berfaedah, gratis pula. Misalnya sholat dhuha, sholat rawatib, atau yang paling populer di bulan puasa : baca Al-Qur'an! Mungkin tahun ini sudah saatnya meningkatkan target agar bisa khatam/tamat satu Al-Qur'an dalam waktu 1 bulan penuh. Nah, mesti dicicil deh itu, dibaca minimal 10 lembar sehari. Jadi, selain waktu jadi lebih cepat berlalu, pahala nya juga nambah. Cakeeep!


6. Menabung Untuk THR
Anggaran yang juga gak gede yang mesti kita keluarkan terutama di akhir bulan puasa alias di momen lebaran adalah THR. Mungkin kita juga masih mengharapkan THR ya, dari kantor atau dari para om dan tante. Tapi kan kita juga udah punya banyak ponakan yaaa (ngaku deh, ini kelen semua pasti udah pada jadi om dan tante juga kan??? HAHAHHAHA SAMA). Jadinya kalau keuangan kita pas-pasan, anggaran untuk THR mesti udah disipain dari jauh-jauh hari lho, biar nggak jadi pengeluaran kaget di akhir bulan. Parahnya kalau uang udah abis duluan buat bukbar yekaaan, aduh kasian banget itu para ponakan nggak dikasih THR :( Kuy nabung dari sekarang deh. Ceban atau goceng sehari udah lumayan banyakk..
Naaah, sekian dulu tips dari Aul yang serba sok tau hahahhaa #Maafkan. Semoga lancar selalu ya puasanya teman-teman ^^

See you in the next post!


Sumber gambar 
1 : https://www.coolowls.com/page/4/
2 : https://www.figuren-shop.de/en/kulturen-shop/fun-gifts/funny-figurines/owls/baby-owl-funny-figurine-6269.html
3 : https://giphy.com/gifs/cooking-owl-kitchen-rGGJlfh8rWv7O
4 : https://www.gardenfun.com/solar-owl-reading.html
5 : https://www.propertyturkey.com/blog-turkey/beautiful-and-famous-mosques-in-turkey
6 : https://artisticbae.com/products/owlmoneybank

20 komentar:

  1. Wekeke. Duit abis buat main timezone, aul? XD etapi bener loh makan di rumah lebih hemat. Klo di luar paling ga 50 rb abis buat beli jajan aja. Belum lagi kalo lapar mata pengin beli baju yg diskon. Mending ga usah jalan2 ke mall. Haha. Bisa hemat dan ditabung buat wishlist lainnya.

    BalasHapus
  2. bukber enakan buka dirumah 😃
    bener klo jalan keluar saat ramadhan yaitu mata kemana mana liat nya hihi

    BalasHapus
  3. wah ane termasuk orang yang lumayan boros ini gan di bulan puasa banyak banget pengeluarannya, sehingga pusing juga untuk lebaran nanti nggak punya uang hahaha :D
    selamat menunaikan ibadah puasa ya gan :)

    BalasHapus
  4. tips lainnya mungkin bisa berbuka puasa di masjid, hehehe..

    BalasHapus
  5. Tahun ini bakal jadi tahun pertama bayar zakat sendiri, mulai ngasih uang "THR" ke adek2 dan keponakan. Padahal mah gaji gak seberapa yak :))))

    Btw hamdalah tahun ini berhasil menolak sekian banyak agenda buka bareng :)))))

    Thanks for the tips dad!

    BalasHapus
  6. Poin di atas benar semua. Apalagi kalau ke pasar beduk bawaannya kalap. Uang yang dikeluarkan bisa lebih banyak dibanding masak atau bikin kue sendiri. Jadi harus pintar-pintar mengaturnya deh :D

    BalasHapus
  7. Kalo saya bukbernya jadi jarang karena pindah2 kota. Jadi teman2 sekolah mulai dari SD hingga kuliah beda kota semua. Bukbernya online aja

    BalasHapus
  8. telat, ul.

    tanggal segini finansialku sudah kalap. hiks hiks

    BalasHapus
  9. ramadhan malah makin banyak jajan
    dasar aku :(

    oh ya sekalian reply komen aul,
    makasih banyak loh masukannya
    tapi kalau lihat video-videoku yang sebelumnya memang sengaja di styling begitu
    justru aku sengaja meminimalkan musik, agar nggak fokus di musiknya tapi fokus ke bebunyian lain dan cerita dalam bentuk tulisan
    soalnya aku pribadi suka bunyi2an alami. suara nuang air apa balik2in kertas doang berasa soft ditelinga soalnya

    BalasHapus
  10. Duh bukber yah... Hahaha
    Nyerahh..!! Pulang kerja udh semrawut ini badan buat diajak kemana2.. lebih sneng buka dirumah.. kasian bapak udh pensiun, masa bukanya sndirian doank. Maklum single parent.. mba juga udh nikah. Jadi dirumah cuma ada ane n bokap.. wkwkw

    BalasHapus
  11. biasanya nih ya, temen-temen kantor pada jadi pedagang semua neh buat nambah pundi-pundi THR, ada yg jualan kue, jualan parcel, jualan sarung, jualan jilbab, mukena, apa aja yg bisa dijualin dijual, apalagi sekrang jualan bisa tinggal WA nan Ig an

    BalasHapus
  12. seharusnya sebelum masuk ramadan lagi kita sudah bersedia dari semua segi...

    BalasHapus
  13. sebenere bukber itu paling banyak menyedot anggaran
    sumpah
    tapi ya gimana
    makanya aku kemarin buat status ni bukber tahun ini
    pengiritan cuy wkwkw

    BalasHapus
  14. satu yang kupertanyakan.. kenapa ada burung hantu di mana2? bukannya di bulan ramadhan ini hantu telah dibelenggu??

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
  15. Haaa......owl di mana-mana....!!!

    So, just to make sure, Aul's tips or Owl's tips.

    Wise banget nih Hedwig mengelola keuangan di bulan Ramadan, makasih Hedwig Owl...;)

    BalasHapus
  16. eheheheh, saya selama puasa sampai hari ini belum pernah sama sekali bukber di luar, eh sekali ding, tapi sama suami dan anak2.
    Dan lumayan tekor karena beli makannya pakai vocer Traveloka, tapi gak dibaca ternyata khusus buat yang gak puasa alias cuman berlaku buat siang aja.

    Kalau saya sekarang agak males bukber di luar, karena rempong plus takut kelewat sholat Magrib yang mana, sudah pasti bakal ramai di mana2.

    Dulu emang iya sih, waktu masih kerja, adaaaa aja kegiatan bukber.
    Cuman untungnya selalu disponsori ama kantor, ama klien dan semacamnya hahahah

    BalasHapus
  17. Pertama yang membuat aku galfok disini adalaaah ..., kenapaaa ..ada burung-burung hantu secakep itu di postingan inii ... , hahahaa ..

    Tau ngga, aku tuh pengagum burung hantu, loh.
    Sosoknya lucu, menggemaskan.

    Betul, Aul ..., selama belum punya penghasilan tetap, dan ada baiknya berkelanjutan setelah dapat gaji bulanan nanti ..., tetap jangan lapar matalah ...

    Kalau kita dikit-dikit pengin ina inu itu ini .. waah bakalan cuma pemborosan.

    BalasHapus
  18. untungnya saya tinggal di kota kecil jadi ga banyak tempat yang bisa dikunjungi, whehehe, terus teman2 dekat pada di beda kota semua, jadi jarang2 sih bukber. Kalau THR bisa diamanin entar

    BalasHapus
  19. terkadang manusia itu lucu mas, dapet duit banyak tapi kepengen langsung dihabiisin hehe. intinya kita harus hemat :D
    Fakhrezy

    BalasHapus
  20. Yang paling susah pasti Menahan Lapar Mata.

    BalasHapus

Thanks for dropping by!
Leave some comments here if you want. Use your gmail or blogger or google account to comment. If you do not have one, choose Name/URL.

For private comments or questions just send me email to Aulhowler@yahoo.com

Thank you :)