February 04, 2015

Evaluasi & Resolusi Nge-Blog 2014-2015

Halo teman-teman.
Nggak terasa ya, ini adalah postingan saya yang ke-400 dengan umur blog 6,5 tahun, 222.333 pengunjung dan 800 followers. Terima kasih banyak atas kesediaan teman-teman mengunjungi, berkomentar, bahkan mem-follow blog ini ya. That means alooot to me. walaupun isinya serba random dan nggak jelas hehehe. Gak usah menyanggah, faktanya emang isi blog saya ini serba random dan nggak jelas. I know that and I'm happy doing that :)
Jalan menuju mantan kantor magang saya sebulan lalu hehe

So, normalnya, seharusnya postingan bertema evaluasi dan resolusi semacam ini ditulis di awal tahun 2015 ya. Kayak blogger-bloger lain. Tapi seperti yang sudah saya ceritakan sebelum-sebelumnya, bahwa selama januari kemarin saya sibuk magang. Jadi saya tidak sempat menulis sesuatu yang agak serius seperti ini. Nggak apa-apalah telat sedikit. Better late thann never, said the wise man.

Postingan kali ini agak panjang. So, bagi yang tidak ingin berlama-lama bisa di-skip aja nggak apa-apa ^^



-------------Evaluasi-------------
1. Sampai beberapa bulan silam, blog ini saya tulis dalam bahasa inggris. Untunglah saya kemudian sadar bahwa ternyata teman-teman banyak yang tidak begitu nyaman dengan hal itu; bahwa sebagian besar blogger-blogger baik yang nyasar ke sini akhirnya nggak balik lagi ke sini lantaran tidak menikmati apa yang saya tulis. Well, walaupun saya menulis blog ini untuk kepuasan diri sendiri, tapi saat seseorang sudah memutuskan untuk memuat tulisannya di internet, berarti dia memperbolehkan orang untuk membacanya dan dia harus bertanggungjawab terhadap hal itu. So yeah, saya membuat dua blog lagi dalam bahasa inggris. Satuu ntuk diary, satu untuk fashion blog. Sementara blog utama saya ini kembali ditulis dalam bahasa indonesia. Jadi, kepuasan saya terpenuhi, kepuasan teman-teman terpenuhi. Harapannya sih begitu hehe

2.  Loading blog ini sebelumnya cukup berat. Soalnya kebanyakan dekorasi dan gadget yang saya pajang menggunakan banyak kode html dari pihak ketiga, which means more loading time. Untunglah ada yang ngadu. Kalo nggak saya nggak sadar pasti -_- Akhirnya ya, terpaksa semua gadget yang kurang perlu saya hapus aja. Diganti dengan gambar dan foto doang (itupun dihosting di salah satu special page di blog ini karena hosting gambar di akun blogger loading nya lebih cepat.)

3. Sebelumnya saya punya kebiasaan curhat di blog dengan menggunakan gambar burung hantu sebagai iconic saya (owl = Awl = Aul ). Misal, kalau saya lagi capek terus ngeluh, dalam postingan pasti penuh gambar burung hantu lagi lesu. Namun akhirnya saya sadar banyak juga diantara teman-teman yang akhirnya nggak fokus dengan apa yang saya tulis, tapi malah ngomentarin burung hantunya wkwk (soalnya emang sering catchy/lucu). Demi efektifitas, akhirnya saya makin rajin foto-foto deh, kemanapun kapanpun lagi ngerjain apapun.

4. Kualitas visual ternyata banyak banget pengaruhnya. Pernah saya langsung upload foto tanpa di-edit dulu, ternyata banyak yang tidak baca postingannya. Pernah saya biarkan desain blog ini agak berantakan, banyak yang nanya-nanya. Akhirnya sekarang-sekarang selalu saya sempatkan mengedit setiap foto yang akan dipublish dan selalu mengganti tampilan sekali beberapa bulan (Ini sedang proses diganti lagi backgroundnya wkwk). A little Photoscape-touch is more than enough. Jadi foto-fotonya enak dipandang, tata letak enak dipandang, yang baca nyaman dan betah berlama-lama deh. hehe

5. Meskipun saya cuma personal blogger biasa, yang menulis apa adanya keseharian saya, tanpa SEO-SEOan atau page rank-pagerank an atau PPC-Ads-oriented, jujur saya bersyukur banget belakangan ini dapet rezeki banyak banget dari blog ini dari beberapa project, sponsorhip dan advertising partnership. Alhamdulillah. Sempat kaya mendadak. Bisa traktir keluarga, teman-teman di dunia nyata atau teman-teman blogger semua (lewat giveaway-giveaway). Asli lho nggak nyangka blog curhat-curhatan begini dilirik juga. Akhirnya saya sadar bahwa, meskipun rutinitas nge-blog ini hanya demi kesenangan/kepuasan/hobi saya aja, nggak ada salahnya kalau saya pikirin juga eksistensi nya. Makanya saya sebisa mungkin nggak hiatus lagi. Terakhir pas KKN dulu sempat hiatus sebulan, jumlah kunjungan anjlok abisss. Pas magang kemarin harusnya saya akan hiatus juga sih, tapi karena memikirkan eksistensi tadi, sebisa mungkin saya tetap update walaupun nggak terlalu banyak yang ditulis. Semoga ke depannya makin banyak rezeki yaa dari blog ini, jadi saya semakin gede jajannya, semakin sering foya-foya, semakin sering traktir-traktir, dan sering bikin giveaway hehe. Nggak ada yang lebih menyenangkan selain menghabiskan uang yang didapat dari hobi / hal yang kita senangi. Gila nggak tuh, dapat rezeki karena melakukan hal yang kita senangi. Padahal nggak punya tujuan khusus nge-blog demi itu.  ^^

6. Link itu perlu. Maksudnya nggak hanya link-link blog teman-teman ya, tapi juga pergaulan antar blogger. Saya udah menyaksikan sendiri betapa blogger yang akhirnya nge-blog sendiri dan nggak memikirkan blog serta blogger lain itu akhirnya blog nya mati sendiri. Karena nya, saya akhirnya menyediakan folder khusus di laptop dan flash disk berisi file-file yang isinya link-link blog teman-teman yang sering mampir, yang kontennya menarik, yang harus diliat terus updatannya (karena menginspirasi), dan lain-lain. Dan sebisa mungkin saya juga membalas kunjungan serta komentar teman-teman. Walaupun sering telat kalau lagi agak sibuk hehe. Sadar atau enggak, saat blogwalking ke blog-blog lain itu kita banyak dapat ilmu baru dan inspirasi baru lho. Saya nggak nyangka juga pas teman-teman kampus ada yang bilang, "Ih, Aul kok tahu soal itu? Rajin ke perpustakaan deh pasti!" (padahal jarang banget). atau "Ih Aul denger soal itu darimana? Nonton channel luar negri terus yaa?" Hahahaha. Pada nggak tahu tuh kalau kerjaan saya cuman online melulu wkwk.

7. Bahasa saya agak kaku. Ini gara-gara kebiasaan waktu baru-baru kembali beralih nge-blog dalam bahasa indonesia lagi. Lantaran masih memikirkan pengunjung dari luar negeri, saya menggunakan bahasa baku dengan asumsi bahwa pengunjung yang tidak berbahasa indonesia nanti bisa men-translate nya di google dengan mudah. Dan lagi kalau nulis cerpen atau novel kan memang selalu menggunakan bahasa baku ya.. jadinya terbawa-bawa. Akhirnya sampai sekarang susah dihilangkan dihilangin. Saya masih berusaha. Mohon bantuannya pemirsah hehehe :))


-------------Resolusi-------------
1. Seminggu minimal 2 kali update (Semoga tercapai. Amiinnnn)
2. Setahun ini minimal 2 kali giveaway
3. Lebih banyak share postingan tips-tips
4. Lebih banyak share postingan tutorial (karena ternyata banyak yang menanyakan hal yg sama tentang cara ini / cara itu di email & twitter)
5. Lebih rajin blogwalking!
6. Tidak hiatus apapun yang terjadi
7. Lebih banyak share tulisan. Well, belakangan ini blog saya lebih banyak fotonya daripada tulisannya -_-
8. Lebih sering ikutan lomba blog, giveaway dan sejenisnya.
9. Lebih aktif ikutan project-project komunitas blogger
10. Lebih semangat
11. Aaaamiiiinnnn :') #SemogaTercapai

Yak.. sekian dulu postingan kali ini. Nggak nyangka udah berapa jam ngetik nya wkwk.
Terima kasih atas kunjungan teman-teman.
Silahkan kritik dan saran tentang apapun dmei kebaikan dan kemajuan blog ini ya.
Ditunggu! :*

41 comments:

  1. keren aul! moga tercapai resolusinya ya! aku juga sedang berusaha buat ga hiatus ngeblog. hhoho

    ReplyDelete
  2. yang no.8 itu aku banget Aul..hahaha...termasuk menang pulsa dari kamu :)

    ReplyDelete
  3. Aku tunggu GA-nya, Aul :p
    Cie yang mulai pakek bahasa Indonesia lagi :) , gag kaku kok. Enak dibaca ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. emng dulu pake bahsa apa mba?

      Delete
    2. @Happy fibi :

      Siaaap! ^^
      Makasih hehe


      @Paimung :
      dulu bahasa inggris mas

      Delete
  4. Amazing 800 followers.

    Amiin. Semoga terlaksana resolusinya.

    ReplyDelete
  5. AAmmiinn... semoga kita semua bisa sukses

    oia salam kenal mas. kunjungan perdanyakalo sempet tengok blog ane yang sederhana.. heheheh yang isinya gak penting....
    http://paimung.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya.. mas..udahnyunjungi...hehehehe semngatttt..... awas mati lanpuh gak bisa ngeblog lgai hehehe

      Delete
  6. waaah bang Aul!
    sayangnya aku lagi sibuk UN nih sama masuk kampus, jadinya blognya berbebu -___-
    Mudah-mudahan bisa aktif ngeblog lagi u.u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai

      It's okayy ntar abis UN bisa nge-blog lagi kan ^^

      Delete
    2. oh.. hebat ya...UN SMA? semoga lancar dah.... untung di lembar jawaban gak ada esay kalo ada wah penuh..tuh lembar jawaban. karina mba pujp! suka nulis di blog hehehehe

      Delete
  7. Great picture!
    Good luck for your blog :)

    http://putrivalentinalim.blogspot.com/2015/02/everbest.html

    ReplyDelete
  8. Aish!! Telat Banget bikin resolusinya. But, Nope! Semoga terkabul semua list wish-nya

    ReplyDelete
  9. Resolusiku di tahun 2015 apa ya, dek Aul? Ah aku sendiri juga bingung. Ngurusin blog aja masih mood-mood an, bingung mau apa yang ditulis hehe.

    ReplyDelete
  10. *Salim
    Blogku kalah jauh sama punyakmu Aul. Kamu udah aku panggil Mbah aja gimana?
    Pokoknya good luck ya Aul. Tetep semangat juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha jangan ada menang kalah dong massss
      Thank you!

      Delete
  11. Hai Aul Potter... ya ampun ini blognya aku suka banget. Udah aku follow ya, biar bisa main ke sini sering-sering. Bener banget, kualitas gambar itu perlu banget, biar pembaca betah. Setidaknya kalau gak menikmati tulisannya, mereka bisa enjoy foto-fotonya dan komentar berdasarkan fotonya. Kalau blogku mah kebanyakan ikut lomba isinya ^_^ Keep blogging terus ya.

    ReplyDelete
  12. Iya kayknya harus ada tips-tips tuh mas aul agar orang yg ga tau menjadi tahu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hehehe
      catatan harian mulu mono juga ya wkwk

      Delete
  13. dear aul,
    kamu post apapun juga nggak masalah... banyakin fotonya juga nggak masalah
    yah namanya juga blog suka suka kita mau diisi apa ;)
    semangat ya

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah rejeki anak soleh ya, Aul.. Hahahah.. :D

    ReplyDelete
  15. sebetulnya nggak salah kok sob pilih bahasa luar. karena potensi buat konten inggris itu khususnya di indonesia bisa dibilang masih minim. jadi peluang sebenarnya plus kalau ikutan ppc bisa menghasilkan pendapatan lebih baik kalau dibandingkan dengan konten bahasa indonesia. mungkin yang sobat perlu pikirkan tinggal nambah blog 1 lagi atau lebih khusus untuk segmen luar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang saya singgung di atas, saya nggak nge-blog demi uang.
      Karena kalau udah begitu saya akan kehilangan kesenangan menulis blog itu sendiri..

      Delete
  16. Thanks for your comments. Like your inspiring blog :)

    xoxo
    http://singingthumbelina.blogspot.com

    ReplyDelete
  17. Auuull blogger keren kayak lu ikutan NYBC (National Youth Blogger Conference) 2015 yaaaakk... ajak komunitas blogger lu hihiwww :D

    https://www.facebook.com/NYBC.2015?fref=nf

    ReplyDelete

Thanks for dropping by!
Leave some comments here if you want. Use your gmail or blogger or google account to comment. If you do not have one, choose Name/URL.

For private comments or questions just shot me email to Aulhowler@yahoo.com

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...