January 07, 2010

Pengungsian Para Hantu



Judul Novel : The Haunting Of Hiram
Pengarang   : Eva Ibbotson
Tebal          : 224 halaman
Penerbit      : PT Gramedia Pustaka Utama

          Novel ini dimulai dengan permasalahan yang dialami oleh Alex ( Alexander Robert Hamilton MacBuff ), anak lelaki yatim piatu berusia dua belas tahun yang mewarisi Carra, sebuah kastil kuno Skotlandia yang dimiliki keluarganya secara turun-temurun, harus terpaksa menjual kastil tersebut karena ia tak mampu merawatnya. Harapannya, orang yang akan membeli Carra bisa merawat Carra sehingga tidak akan rusak karena usianya yang sudah berats-ratus tahun.

           Namun sayangnya, Mr. Hiram C. Hopgood, jutawan Amerika yang mau membeli Kastil itu mengajukan satu syarat : Kastil itu tidak berhantu.

          Alex kebingungan. Bukanlah karena harga tinggi yang ditawarkan Mr. Hiram, namun karena Carra dipenuhi hantu sejak beratus-ratus tahun lalu. Ada Krok Si pejuang Viking, Miss Spinks dengan kegilaan airnya, Flossie si poltergeist cilik, Stanislaus si vampir tua tak bergigi, dan anjing neraka hitam bertubuh super panjang, Cyril. Bagi Alex, hantu-hantu ini sudah seperti orangtua, teman sepermainan, dan kakek. Tegakah Anton mengusir para hantu dari Carra, rumah mereka sendiri.

          Novel ini sangat bagus, terutama bagi penggemar cerita fantasi. Bukan karena berasal dari luar negri. Bukan juga karena penulisnya Eva Ibbotson, penulis novel anak terkenal di dunia. Tapi karena isi ceritanya yang belum pernah dicetak di buku manapun, Pengkarakteran untuk tokoh-tokohnya juga sangat unik, dan yang tak kalah penting ialah kesegaran dan sedikit humor di dalamnya membuat novel ini menjadi semakin menarik.

          Yang mungkin membuat novel ini agak kurang diminati ialah karena bahasanya sedikit kaku, dikarenakan terjemahan dari bahasa aslinya yang bukan bahasa indonesia. Namun itu semua tak membuat novel ini kehilangan keistimewaannya.

P.S.
Bagi pembaca yang mau novel ini bisa dicari di toko atau kios-kios buku ( Saya mendapatkannya di Kota Padang Panjang dengan harga yang terjangkau), karena sepertinya tidak disediakan dalam bentuk e-book.

4 comments:

Thanks for dropping by!
Leave some comments here if you want. Use your gmail or blogger or google account to comment. If you do not have one, choose Name/URL.

For private comments or questions just shot me email to Aulhowler@yahoo.com

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...